Bawaslu Bandung Barat Libatkan KPAI Awasi Pemilu

Pemilu 2019./Foto: Ilustrasi

Pemilu 2019./Foto: Ilustrasi

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggandeng Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada ratusan kaum perempuan di Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan Padalarang, Rabu (27/2).

Ketua Bawaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha mengatakan, setelah sebelumnya sosialiasasi mengundang santri, Pramuka dan PNS, sosialisasi kali ini dikhususkan pada perempuan.

“Selain sosialisasi pemilu, kami sekaligus mengajak perempuan untuk terlibat menjadi pengawas partisipatif,” kata Cecep.

Menurutnya, sosialisasi dihadiri 200 orang perempuan dari berbagai organisasi perempuan yang ada di Bandung Barat. Mereka diberi pemahaman dan wawasan pelanggaran pemilu yang rentan terjadi di lingkungan perempuan.

“Sosialisasi ini mengajak perempuan berperan aktif dari sisi pengawasan pemilu,” ucapnya.

Ditempat sama, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Ai Maryati Solihah menyambut baik terobosan yang dilakukan Bawaslu KBB dengan mengajak perempuan terlibat aktif dalam pemilu.

“Perempuan tidak hanya menjadi objek tetapi menjadi subject, kami menyambut baik perempuan menjadi pemilih cerdas di Bandung Barat,” ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan KPAI dalam sosialisasi ini sekaligus memberi pemahaman kaum perempuan menjaga anaknya dari kerentanan politik.

“Dalam politik anak-anak rentan kekerasan, ekploitasi, manipulasi bahkan dibuat menjadi kelompok perantara politik uang. Hal ini menjadikan tubuh kembang anak tidak optimal, psikologis terganggu. Dampaknya bukan carut marut pemilu, tetapi investasi peradaban anak dalam visi sehat politik terganggu,” tegasnya.

(rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds