Entaskan Banjir di Kawasan Melong Cimahi, Pembuatan Embung Dipercepat

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Untuk mengentaskan banjir di Melong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan yang selalu terjadi tiap musim hujan, pemerintah mengebut proses pembuatan embung di kawasan tersebut.

Nantinya, embung yang akan dibangun di atas lahan seluas 6000 meter persegi milik PT. Dewa Sutratex, menampung air larian yang berasal dari aliran Sungai Cimahi, kemudian dialirkan ke aliran Sungai Citarum.

Namun Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, M. Nur Kuswandana, menganggap pembuatan embung tak terlalu signifikan mengatasi banjir.

“Sebetulnya tidak terlalu signifikan mengurangi banjir yang terjadi, karena luas embungnya juga terbatas. Kecuali kalau luasnya seperti danau,” ungkap Nur saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis (14/2).

Jika dirata-ratakan tinggi banjir yang terjadu sekitar 100 cm, dengan dibuatnya embung ketinggian banjir yang menerjang hanya berkurang sekitar 30 cm.

“Artinya ada sisa banjir sekitar 70 cm, bahkan pengurangan ketinggian banjir itu tidak sampai setengahnya. Jadi tidak terlalu berdampak besar,” bebernya.

Loading...

loading...

Feeds