Pemilu 2019 Sudah Dekat, Berikut Daftar Daerah yang Kotak Suara Kardusnya Rusak Kena Air Hujan

Kepala Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Barat, Zaki Hilmi, saat mengecek kondisi kotak suara KPU Kabupaten Cirebon yang rusak karena air hujan. (Alwi)

Kepala Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Barat, Zaki Hilmi, saat mengecek kondisi kotak suara KPU Kabupaten Cirebon yang rusak karena air hujan. (Alwi)

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, BANDUNG— Kotak suara kardus yang sempat menghebohkan masyarakat beberapa waktu lalu ternyata basah oleh rembesan air. Berikut daftar daerah yang kotak suaranya basah.

Pada awal mula publik mengetahui bahan kotak suara Pemilu 2019 terbuat dari kardus, terjadi polemik di masyarakat. Banyak yang menolak karena dikhawatirkan mudah rusak dan juga rawan penyelewengan.

Beberapa Pemilu sebelumnya yang diadakan di Indonesia, kotak suara ini berbahan aluminium. Namun tidak jelas alasan pemerintah dan lembaga negara terkait lainnya menyetujui penggunaan kotak suara berbahan kardus ini.

Baca :

Disimpan tanpa Alas di Gudang KPU, 696 Kotak Suara Kardus Rusak Kena Air Hujan

Terbukti, kotaksuara kardus ini mudah rusak dan basah jika terkena air. Berikut daerah yang kotak suaranya rusak terkena air menjelang Pilpres dan Pileg 2019 yang akan digelar 17 April mendatang.

1. Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Bawaslu Jawa Barat akan mengawasi penyimpanan kotak suara kardus KPU Kabupaten Cirebon dikarenakan 696 telah rusak terkena air hujan saat disimpan KPU.

“Kami akan melakukan pengawasan kotak suara tersebut, dan diharapkan nanti KPU Kabupaten Cirebon penyimpanan kotak suara di bawahnya dikasih alas atau palet,” terang Kepala Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Barat Zaki Hilmi, Minggu (10/2/2019).

Zaki pun menjelaskan, saat ini kotak suara kardus yang rusak kena air hujan masih belum dihitung secara keseluruhan, sebab masih sulit tertumpuk oleh kotak suara kardus lain yang masih utuh.

“Dimungkinkan lebih dari itu, karena itu yang baru dihitung,” jelasnya.

Mengomentari mengenai cara penyimpanan, Zaki mengungkapkan ada yang kurang beres mengenai Standar Operasi Prosedur (SOP) dilakukan oleh KPU Kabupaten Cirebon.

2. Kabupaten Badung, Bali.

Sebanyak 2.065 kotak suara kardus di Kabupaten Badung, Bali rusak terendam banjir. Akibatnya ribuan kotak suara itu tak bisa digunakan untuk Pemilu 2019.

“Iya, terendam air 2.065 kotak suara ditaruh di gudang (logistik),” kata Ketua KPUD Badung I Wayan Semara Cipta, Senin (17/12/2018).

Kayun, sapaan karibnya, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (8/12) lalu sekitar pukul 03.00 WITA.

Kayun mengatakan pihaknya juga baru menerima laporan dari polisi yang berjaga di kantornya pukul 06.00 WITA. Selain 2.065 kotak suara kardus, ada pula 110 bilik suara yang rusak.

“Kita tahu dari polisi yang ngetem, bertugas di kantor kita. Jam 06.00 WITA baru dilaporkan. Genangan air itu berasal dari robohnya tembok kantor kita yang kebetulan tembok itu menimbun saluran air dari yang ada,” katanya.

“Saluran air itu deketnya gudang jadi meluberlah, seluruh tembok itu aliran air ini menggenang naik, menggenangi gudangnya kita,” jelasnya lagi.

(ral/int/pojokjabar)

loading...

Feeds