Ridwan Kamil Dapat Gelar Rama Agung Adijaya Perkasa dari Museum Prabu Siliwangi, Ini Maknanya

Ridwan Kamil (ist)

Ridwan Kamil (ist)

POJOKJABAR.com, SUKABUMI–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami menerima gelar Rama Agung Adijaya Perkasa dari Waruka Sakabumi Padjajaran (Museum Prabu Siliwangi), Selasa (5/2).

Gelar ini diterima Ridwan Kamil ketika berkunjung ke Museum Prabu Siliwangi, Kota Sukabumi.

Pendiri Museum Prabu Siliwangi KH Fajar Laksana mengatakan, pemberian gelar tersebut agar Kang Emil, tetap memerhatikan orang Sunda yang berada di tatar Sundan dan tanah Pasundan.

“Gelar ini hanya merupakan do’a dan motivasi untuk Pak Emil. Mudah-mudahan dengan Gelar ini Pak Emil memiliki kekuatan dalam memimpin Jawa Marathon. Rama itu orang tua atau pemimpin, Agung itu mulia,  Adijaya kekuatan Dan Perkasa artinya Gagah,” ujarnya, Selasa (5/2).

Selain pemberian gelar, Emil mendapatkan tiga pusaka. Ketiga pusaka yang diberikan KH Fajar Laksana tersebut diantaranya, iket dengan lapaz Laillaha Ilallah, kujang, dan tongkat.

“Iket ini tujuan agar dapat mengendalikan kepemimpinannya dengan akal dan Iman. Kujang ialah simbol agar memiliki keberanian dalam memimpin.Tongkat sendiri bertujuan memberi intruksi yang baik. Bisa menegur yang salah dan memberikan penghargaan kepada anak buahnya yang memiliki prestasi,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fajar meminta Emil menjaga budaya sunda dan ponpes dalam kepemimpinannya di Jawa Barat.

“Harapan kami, Pak Emil mampu menjaga ponpes dan budaya Sunda,” ungkapnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, gelar yang diterimanya dari Waruka Sakabumi Padjajaran, dapat menguatkan dan tidak mencederai amanah dari masyarakat sebagai pemimpin di tanah Pasundan.

“Gelar ini akan terus mengingatkan saya,  agar memiliki nilai nilai kepemimpinan,” pungkasnya.

(yls/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds