Penyakit Demam Berdarah di Cimahi Tak Terbendung

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Raisya Humaira, bocah berusia 6 tahun asal Cihanjuang, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, jadi pasien terbaru di RSUD Cibabat, yang terjangkit DBD.

Bocah itu positif dinyatakan terjangkit DBD, dan sudah dirawat sejak Rabu (23/1/19), pekan kemarin di ruang tambahan setelah mendapat rujukan dari Puskemas Cimahi Utara.

Rita Ningsih (41), ibu Raisya, menceritakan anaknya itu mengalami demam tinggi sejak hari Senin (21/1). Sudah diberikan obat penurun panas, namun demam yang dialami anaknya tak kunjung mereda.

“Senin sore itu panas, langsung dikasih paracetamol (obat panas). Terus hari Rabu langsung dibawa ke Puskemas karena panasnya tidak turun-turun,” kata Rita saat ditemui di RSUD Cibabat, Senin (28/1/19).

Sebelum dilarikan ke UGD RSUD Cibabat, Raisya diperiksa terlebih dahulu oleh petugas kesehatan di Puskesmas. Dari hasil pemeriksaan, trombosit darah anaknya mengalami penurunan hingga 150 ribu keping, dari normal sekitar 300 ribu keping trombosit.

“Waktu itu langsung dibawa ke UGD karena trombosit anak saya menurun. Memang sudah diindikasikan terjangkit DBD,” bebernya.

Selama enam hari dirawat, trombosit Raisya justru semakin merosot hingga 42 ribu. Ia pun langsung dipindahkan ke ruang Intensif Care Unit (ICU) untuk dilakukan observasi lanjutan.

Rita ternyata memiliki anak kembar. Nasya Humaira, yang tak lain kembaran Raisya, juga terjangkit yang sama. Ia menyusul saudara kembarnya dirawat di RSUD Cibabat.

“Minggu kemarin sempat dibawa masuk, tapi tidak lama. Langsung boleh pulang. Eh ternyata malam tadi panas lagi, jadi hari ini mau dibawa lagi ke RSUD Cibabat, takutnya tambah parah,” katanya.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Cibabat, dr. Reri Marliah, menginformasi saat ini Raisya Humaira sudah berada di ruang ICU untuk dilakukan observasi, mengingat kondisinya yang terus menurun.

“Kalau kembarannya, Nasya Humaira, saat ini masih di posko (ruang rawat tambahan). Kondisinya tidak terlalu parah,” ungkapnya.

(RBD/dan/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds