Penyakit Demam Berdarah Mulai Serang Kabupaten Bandung

Ilustrasi DBD

Ilustrasi DBD

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bandung pada awal tahun 2019 cukup mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, belum habis bulan Januari ini, tercatat ada 64 kasus DBD yang menyerang warga.

Kendati demikian, pihak Pemerintah Kabupaten Bandung, menyangkal jika warga yang terkena penyakit mematikan itu, bukan karena gigitan nyamuk di wilayahnya.

Menurut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kabupaten Bandung, Deni Jaeni, kebanyakan warga Kabupaten itu kerja di luar daerah, seperti Kota Bandung maupun daerah yang berdekatan dengan Kabupaten Bandung.

“Jadi mungkin di gigitnya di kota Bandung, tapi karena warga kabupaten, sehingga kasus DBD di tangani dinkes Kabupaten Bandung,” kata Deni.

Dia melanjutkan, jika menilik beberapa tahun ke belakang, di sepanjang tahun 2017, terjadi kasus DBD sebanyak 1794 kasus, yang meninggal dunia diantaranya ada 11 orang.

“Masalah DBD ini sebetulnya kasus lingkungan yang seharsunya bisa di selesaikan di tingkat masyarakat. Dengan berbagai cara misalnya dengan cara PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan 4M (Mengubur, Menutup, Menguras dan Memantau),” tuturnya.

(RBD/ipn/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds