Pemkot Cimahi Berikan Beasiswa Ratusan Siswa Secara Tunai, Imbau Orangtua Siswa

Ilustrasi beasiswa

Ilustrasi beasiswa


POJOKJABAR.com, CIMAHI– Sedikitnya 795 siswa tingkat SD dan SMP di Kota Cimahi yang kurang mampu mendapat beasiswa secara tunai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.

Dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, pemberian beasiswa tersebut untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. Agar di Kota Cimahi tidak ada lagi siswa putus sekolah karena faktor ekonomi.

“Salah satu persoalan klasik untuk meneruskan pendidikan adalah masalah biaya yang mahal. Untuk SD dan SMP negeri sudah tidak ada yang berbayar, kita memberikan beasiswa untuk meringankan beban biaya pendidikan lainnya,” ujarnya, Senin (21/1).

Selain para siswa, kata Wali kota, guru, pustakawan dan tenaga administrasi non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMP juga mendapatkan bantuan meskipun nilainya belum ideal.

“Hal itu merupakan bentuk komitmen dari Pemerintah Kota Cimahi untuk meringankan beban masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan di Kota Cimahi,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada orang tua siswa agar beasiswa tersebut digunakan untuk keperluan sekolah demi menunjang pendidikan anak-anak.

“Fokus pada kebutuhan sekolah anak-anak sesuai dengan tujuan program,” ungkapnya.

Mereka yang mendapat beasiswa merupakan siswa kurang mampu yang belum mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Jadi, siswa yang sudah mendapat KIP jelas tidak akan kami berikan,” katanya.

Nantinya, siswa yang mendapat beasiswa tersebut akan diusulkan dalam tambahan program KIP. Hal itu berkaitan dengan program wajib belajarĀ  sehingga tidak boleh ada siswa yang putus sekolah.

“Apalagi kalau masalahnya terkait tidak ada biaya, padahal pemerintah sudah membantu untuk masalah itu sehingga bisa kita cegah siswa putus sekolah karena harus menjalankan program wajib belajar sesuai target pemerintah,” tandasnya.

(Arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds