Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Rampung Kapan?

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Mulai Dibangun./Foto: Istimewa

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Mulai Dibangun./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Keinginan masyarakat Gaza untuk memiliki masjid yang representative akhirnya terwujud.

Pada Sabtu (19/1) sekitar pukul 09.00 waktu Gaza, telah dilakukan peletakan batu pertama sekaligus peresmian nama masjid yang akan dibangun tersebut dengan nama Masjid Istiqlal Indonesia.

‘’Alhamdulillah, Sabtu malam waktu Indonesia, telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza. Insyaallah, pembangunan masjid ini akan dirampungkan dalam waktu 10 bulan ke depan,’’jelas Direktur Kasih Palestina, Caca Andika dalam siaran persnya, Senin (21/1).

Disebutkan Caca, pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia ini merupakan keinginan langsung dari masyarakat di Gaza. Nama Istiqlal diambil karena memiliki arti ‘kemerdekaan’, sesuai dengan harapan terbesar masyarakat Palestina yang sudah hampir 70 tahun dijajah oleh Israel. Masyarakat Palestina pun, kata Caca, sangat mengenal Masjid Istiqlal di Indonesia yang disebut sebagai pusat peradaban Islam di Ibukota Indonesia, Jakarta.

Masjid Istiqlal Indonesia ini, kata Caca, dibangun di daerah Maan Bakhanouns, Provinsi Khan Younis, Gaza, Palestina. Di lokasi ini, kata dia, terdapat lahan seluas 1.751 meter persegi yang akan dibangun masjid dengan kapasitas 5.000 jamaah.

‘’Selain digunakan untuk beribadah shalat lima waktu, kami akan membangun fasilitas pendidikan Al Qur’an untuk melahirkan hafidz dan hafidzah di sana. Jadi, masjid ini akan jadi pusat peradaban masyarakat Gaza,’’tambah Caca.

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Mulai Dibangun

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Mulai Dibangun./Foto: Istimewa

 

Caca mengakui bahwa membangun masjid di Gaza tidak semudah dengan membangun masjid di Indonesia. Hal ini dikarenakan ketatnya blokade oleh tentara Israel. Meski demikian, Caca menambahkan, pihaknya akan berusaha keras untuk merealisasikan mimpi warga Gaza untuk memiliki masjid yang akan menjadi pusat peradaban dan penyemangat kemerdekaan mereka.

‘’Insyaallah, seluruh amanah dari masyarakat Indonesia untuk program ini kami akan salurkan meski harus melewati pemeriksaan ketat dari tentara zionis Israel. Kami juga mengajak kepada para donatur untuk terus mendonasikan sebagian rezekinya untuk mewujudkan mimpi kemerdekaan masyarakat Palestina, meski saat ini baru berupa Masjid Istiqlal Indonesia,’’tandas Caca.

Selain membangun Masjid Istiqlal Indonesia, Caca menambahkan, Kasih Palestina dan beberapa lembaga kemanusiaan lainnya akan memusatkan berbagai program kemanusiaan untuk masyarakat Gaza, Palestina di lokasi ini.

‘’Berbagai program kemanusiaan seperti pemberian bantuan makanan, minuman, bahan bakar, hingga buka puasa akan kami pusatkan di lokasi ini sampai pembangunan masjid ini tuntas pada November 2019 nanti,’’pungkas Caca.

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Mulai Dibangun

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Mulai Dibangun./Foto: Istimewa

 

Sementara itu, Tokoh Masyarakat di Mann Bakhouns, Dr Mahmoud al – Zahar mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Indonesia. Dalam pidatonya saat peletakan batu pertama Masjid Al Aqsa Indonesia, Mahmoud mengatakan bahwa peletakan batu pertama masjid ini merupakan bagian dari janji Hari Akhir bahwa setiap orang akan mendukung Palestina. Dia pun sangat berharap bahwa masyarakat Indonesia akan menjadi Salahuddin Al Ayyubi di masa modern ini yang membebaskan Palestina dan Masjid Al Aqsha dari cengkraman penjajah.

‘’Masjid ini akan menjadi pusat peradaban yang mewakili rakyat Indonesia di Palestina. Kami sampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia atas dukungan mereka yang besar bagi rakyat Palestina,’’ungkap dia.

Mahmoud berharap, informasi peletakan batu pertama Masjid Kemerdekaan Indonesia ini akan menyebar ke seluruh dunia Islam untuk meyakinkan bahwa saatnya Palestina untuk merdeka sudah sangat dekat.

(Arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds