Disdukcapil Bandung Barat Terus Genjot Perekaman E-KTP

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Jelang penyelenggaraan pemilu legislatif dan presiden 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB), terus menggenjot perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil, Wahyu Diguna menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan perekaman selama persediaan blangko masih ada dengan sistem jemput bola’ agar masyarakat KBB dapat memiliki e-KTP.

“Kan kita punya dua unit kendaraan ‘Si Darling’ yang setiap hari pergi ke kecamatan jauh, atau pelosok,” ujarnya saat ditemui di kantornya, kemarin.

Wahyu juga mengatakan, Disdukcapil bukan hanya menyasar ke setiap desa tetapi melakukan perekaman KTP ke para pemula, seperti ke sekolah menengah atas (SMA).

“Darling juga menyasar ke sekolah-sekolah negeri di KBB untuk menjemput anak-anak yang sudah bisa memiliki e-KTP, karena biasanya anak-anak itu waktunya sedikit dan malas kalau harus mengurus sendiri jadi kita siasati dengan mendatangit ke sekolahnya,” ungkap Wahyu.

Selain itu, di tahun ini pihaknya pun berharap di setiap kecamatan nantinya akan mempunyai tempat perekaman e-KTP.

“Kami ingin warga masyarakat KBB miliki surat kependudukan dan Insya Allah tahun ini perekaman KTP bisa dilakukan di tiap kecamatan. Seperti yang sempat Pak Bupati instruksikan sehingga warga tak perlu jauh-jauh pergi ke kantor Disdukcapil,” ujarnya.

Sepanjang tahun 2018 sendiri, Disdukcapil stelah melakukan perekaman sebanyak 1.181.061 orang dari total penduduk 1.643.837 orang.

“Sebanyak 98,3 persen dari 1.201.860 wajib KTP dimana sebelumnya di 2017 jumlahnya 1.091.401 atau sekitar 96,3 persen,” ujar Wahyu.

Sedangkan untuk kecamatan dengan junlah penduduk terbanyak ialah Lembang dengan jumlah penduduk 182.860 orang dimana 134.045 merupakan wajib KTP dan 97,8 persen sudah melakukan perkemaman atau sebanyak 131.120 orang.

(RBD/bie/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds