Anies Baswedan Pose 2 Jari Diproses Bawaslu, Berikut Foto Kepala Daerah yang Pose 1 Jari!

Pose 2 jari Anies Baswedan (ist)

Pose 2 jari Anies Baswedan (ist)

POJOKJABAR.com, JAKARTA— Gubernur DKI Anies Baswedan diproses Bawaslu terkait pose 2 jari di acara Gerindra di Sentul. Gubernur Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa juga terekam pose 1 jari.

Selain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah yang terpantau pose 1 jari, Walikota Bogor Bima Arya juga terekam kamera wartawan salam 1 jari atau pose 1 jari di hadapan Cawapres Ma’ruf Amin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperiksa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bogor terkait pose dua jari. Bawaslu memberikan 27 pertanyaan kepada Anies.

Bima Arya pose 1 jari di depan Cawapres Ma'ruf Amien (dok TKN jokowi-MA)

Bima Arya pose 1 jari di depan Cawapres Ma’ruf Amien (dok TKN jokowi-MA)

Video Ridwan Kamil pose 1 jari (ist)

Video Ridwan Kamil pose 1 jari (ist)

 

Gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah pose 1 jari (foto suryaonline)

Gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah pose 1 jari (foto suryaonline)

 

“Ada 27 pertanyaan yang tadi diberikan. Prosesnya mulai pukul 13.00 WIB, selesai jam 14.15. Sesudah itu lebih banyak mengecek penulisan berita acara klarifikasi, jadi tadi disebutnya adalah permintaan klarifikasi,” kata Anies di kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Anies mengaku sedianya harus datang pada Kamis (3/1). Dia mengapresiasi pemanggilan dilakukan di kantor Bawaslu pusat.

“Pemanggilannya untuk tanggal 3 Januari tapi pada tanggal 3 Januari saya berada di Lombok sehingga kemudian dijadwalkan ulang menjadi tanggal 7 dan alhamdulillah mereka bersedia untuk melakukannya di Jakarta sehingga secara transportasi memudahkan,” ucap Anies.

Bawaslu memberikan potongan satu menit video saat dia menghadiri Konferensi Nasional Gerindra di Sentul, Bogor, Senin (17/12/2018). Anies membenarkan cuplikan video yang disodorkan oleh Bawaslu itu.

Sementara itu, video Ridwan Kamil mengacungkan 1 jari bersama para petinggi PKB jadi viral di media sosial. Pria yang akrab disapa Emil ini lalu memberi penjelasan.

Dalam video yang viral itu, Emil tampak sedang bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, yang merupakan politikus PKB. Ada pula Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Mereka kompak mengacungkan 1 jari. Hanif Dhakiri mengatakan ‘satu untuk Indonesia’, sedangkan Emil mengucapkan ‘satu, satu, satu’.

Di Twitter, Emil me-retweet sebuah tweet netizen dan memberi penjelasan. Dia menegaskan peristiwa di video itu terjadi bukan di hari kerja.

Simbol 1 itu juga disebutnya bukan terkait Pilpres 2019, melainkan nomor urut PKB.

“Saya & Pak Hanif melakukan ini tidak di hari kerja. Aturan KPU: Kalo di hari kerja pejabat harus cuti. Jika dilakukan di akhir pekan tidak perlu cuti. Itu yg di video dilakukan di akhir pekan, dan simbol 1 itu bukan utk pilpres, itu utk Harlah PKB yg kebetulan no urut partainya 1,” tulis Emil.

Emil mengaku datang ke acara PKB itu dengan mobil pribadi. Menurutnya, karena bukan hari kerja, dia bebas bergaya apa saja.

“Jika di akhir pekan, itu tidak perlu cuti, mau bergaya apa saja silakan. Plus saya pun datang dengan mobil pribadi, karena tau aturan. Kalo anda keukeuh, silakan laporkan sesuai prosedur ke Bawaslu. Nuhun,” ungkap Emil menjawab tweet netizen.

(ral/int/pojokjabar)

loading...

Feeds