Tanah Amblas di Kutawaringin Kabupaten Bandung Incar Korban

Amblas: Warga Kampung Parungpeusing Cijembel menyaksikan jalan Cantilian Gunung Pancir yang menghubungkan Nanjung menuju Ciharuman Kec Kutawaringin Kab Bandung yang amblas, minggu (09/12/18). Istimewa

Amblas: Warga Kampung Parungpeusing Cijembel menyaksikan jalan Cantilian Gunung Pancir yang menghubungkan Nanjung menuju Ciharuman Kec Kutawaringin Kab Bandung yang amblas, minggu (09/12/18). Istimewa

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Jalan penghubung antara Nanjung menuju Ciharuman Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung terputus akibat jalan Cantilan Gunung Pancir Kampung Parungpeusing Cijembel amblas sedalam empat meter.

Kejadian tersebut sontak mengagetkan warga, lantaran amblasnya jalan tesebut terjadi di tengah hari sekitar pukul 13:00 Minggu (9/12). Dari amblasnya jalan tersebut tidak ada korban jiwa. Namun warga yang hendak melintas harus memutar cukup jauh.

Sekretaris Desa Jelegong Dian Farid meyebutkan, kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi di Kecamatan Kutawaringin. Hal tersebut dirasa wajar lantaran Desa Parungpeusing dulunya bekas galian.

“Dulu disini daerah galian untuk keperluan tanah lempung sebagai bahan baku keramik,” ucapnya.

Menurut Dian, kejadian serupa juga sempat terjadi lima bulan lalu. Namun ukuran kedalaman hingga luas tidak sebesar yang sekarang.

“Paling 200 meter dari sini juga pernah amblas juga lima bulan yang lalu,” sebutnya.

Dia memprediksi kejadian serupa akan kembali terjadi, lantaran bekas galian dari industri pabrik keramik yang sudah bangkrut tersebut banyak yang dibiarkan begitu saja.

“Diprediksi pasti ada tanah amblas lagi di titik-titik yang lain, seperti di sepanjang Jalan Cantilan ini,” katanya.

Dia berharap, pemerintah Kabupaten Bandung bisa bergerak cepat mengantisipasi kejadian serupa dikemudan hari. Sebab jika tidak ada penanganan yang serius bisa memakan korban jiwa.

“Masyarakat setempat berharap agar Pemkab Bandung dapat mengantisipasi kejadian serupa,” pungkasnya.

(RBD/ipn/pojokjabar)

loading...

Feeds