Pengacara Habib Bahar Bin Smith Minta Masyarakat Lakukan Penilaian

Habib Bahar bin Smith

Habib Bahar bin Smith

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Pengacara Habib Rizieq Shihab Sugito Atmo Pawiro tak mau bersekualasi lebih panjang.

Menurutnya, yang jelas, dengan ditetapkannya Habib sebagai tersangka, pasti masyarakat biusa menilai dengan bijak siapa di balik itu.

“Kalau mengenai intervensi penguasa. Memang tidak dalam kapasitas saya untuk menjawab itu. Karena posisi saya terkait proses hukum yang dijalankan habib. Tapi Biarlah masyarakat yang menilai,” tutup Sugito.

Sugito Atmo Pawiro sendiri menilai penetapan tersangka terhadap kliennya diduga tidak terlepas dari campur tangan penguasa.

“Jadi karena ini terkait dengan petahana jadi direspon dengan cepat. Karena bisa mempengaruhi persepsi masyarakat. Mungkin bisa mempengaruhi elektabilitas petahana,” kata Sugito saat dihubungi Pojoksatu.id, Jumat (7/12).

Menurut Sugito, kasus yang menjerat kliennya itu juga banyak dilakukan oleh warga net di youtube.

Karena itu, Sugito mempertanyakan sikap polisi yang cepat merespon kasus Habib Bahar.

“Saya melihat begini, ujaran kebencian di youtube itu banyak sekali. Cuma saya gak tau. Kenapa untuk khusus Habib Bahar secara sepesifik tiba- tiba ada yang melaporkan,” ungkapnya.

“Dan pelapornya itu diduga kuat adalah pendukung petahana. Itulah kenapa capat direspon,” tutur Sugito.

 

Sebagaimana diketahui, Habib Bahar penuhi panggilan penyidik Bareskrim pada Kamis (7/12).

Setelah diperiksa selama 11 jam, penceramah keturunan nabi itu akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan pasal 16 UU 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi dan Ras.

(fir/pojokjabar)

loading...

Feeds