Buka Potensi SP3 Kasus Habib Bahar, Sugito Beberkan Triknya

Habib Bahar bin Ali bin Smith. (inst)

Habib Bahar bin Ali bin Smith. (inst)

POJOKJABAR.com, BANDUNG- Habib Bahar Bin Smith resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian terhadap presiden. Salah satu Kuasa Hukum Habib Bahar, Sugito Atmo Pawiro berencana akan menghadirkan beberapa saksi.

Hal itu dilakukan guna meringankan proses hukum yang menjerat Habib.

“Dari penetapan tersangka Habib punya hak untuk menghadirkan saksi untuk meringankan. Dan juga berhak untuk mengajukan saksi ahli,” kata Sugito saat dihubungi Pojokjabar.com, Jumat (7/12).

Saksi yang akan dihadirkan itu, kata Sugito, ada empat, di antaranya saksi yang pernah hadir di acara maulid saat Habib menyampaikan pidatonya itu.

“Kalau saksi yang meringankan kemungkinan bisa 4. Tapi kalau saksi ahli ada 2 ahli hukum dan ahli pidana,” ungkap Sugito.

Karena itu, Sugito menyakini dengan dihadirkannya beberapa saksi ahli. Tentu, hal tersebut akan meringankan proses hukum yang menjerat Habib.

Apalalgi, dalam pemeriksaan kemarin penyidik juga menawarkan untuk dihadirkannya saksi ahli. Namun Sugito tak mebeberkan secara rinci kapan pemeriksaan lanjutan digelar.

“Jadi misalnya nanti saksi ahli itu yang kami ajukan itu tidak memenuhi unsur untuk meringankan Habib,” ungkap Sugito.

“Tapi kami meyakini dengan menghadirkan beberapa saksi dan saksi ahli. Semoga nanti bisa membantu dan bisa nanti ada potensi menjadi SP3 dikabulkan,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, Habib Bahar memenuhi panggilan penyidik Bareskrim pada Kamis (7/12).

Setelah diperiksa selama 11 jam, penceramah keturunan nabi itu akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan pasal 16 UU 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi dan Ras.

(fier/pojokjabar)

loading...

Feeds