Musim Hujan, DLH Kabupaten Bandung Barat Tingkatkan Pengawasan Industri

LIMBAH: Sejumlah aktivis Greenpeace sedang menandai sebuah saluran pembuangan limbah industri tak bertuan di Padalarang, beberapa waktu lalu. Istimewa

LIMBAH: Sejumlah aktivis Greenpeace sedang menandai sebuah saluran pembuangan limbah industri tak bertuan di Padalarang, beberapa waktu lalu. Istimewa

Berdasarakan data DLH KBB, saat ini terdapat 57 industri penghasil limbah cair di KBB yang rata-rata membuang limbah ke anak sungai Citarum. Kendati demikian, Aam mengatakan dalam melakukan upaya pengawasan terhadap industri yang membuang limbah, masih belum maksimal. Sebab, DLH KBB hingga kini masih kekurangan pejabat pengawas lingkungan hidup daerah (PPLHD).

“Sekarang kita hanya baru melantik petugas PPNS dan itupun hanya satu orang. Sementara PPLHD yang biasanya intens melakukan pengawasan, kita masih belum memiliknya,” ungkapnya.

Aam juga mengatakan, saat ini pihaknya berencana akan memasang alat telemetri atau pemantau di setiap titik anak sungai. Telemetri dipergunakan memantau kerusakan lingkungan di setiap sungai.

“Alat ini mempermudah kita dalam meminalisir pencemaran terhadap lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut Aam menambahkan, saat ini pihaknya akan fokus melakukan pembinaan terhadap sejumlah industri. Pembinaan dilakukan untuk mewujudkan program Citarum Harum.

“Sinergisitas bersama dan sektor Citarum kita juga terus lakukan, ini demi menjaga lingkungan agar tidak tercemar,” ujarnya.

Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup KBB Zamilia Floreta sebelumnya mengatakan, ratusan perusahaan di Kabupaten Bandung Barat cenderung melalaikan dalam melaporkan rutin mengenai analisis dampak lingkungan (amdal). Bahkan dari 370 perusahaan, hanya 60 di antaranya yang rutin memberikan laporan.

“Selama ini perusahaan yang rutin meloparkan dokumen tersebut hanya perusahaan yang memilik Izin Pengelolaan Limbah Cair (IPLC). Yang tidak memiliki IPLC tentu tidak melaporkan,” pungkasnya.

(RBD/bie/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds