Berikut Daftar Lengkap Ulama Berpengaruh di Pilpres 2019, LSI Bantah Survei Bayaran

Ustaz Abdul Somad saat di Semarang./Foto: Instagram

Ustaz Abdul Somad saat di Semarang./Foto: Instagram

POJOKJABAR.com, JAKARTA—Berikut daftar lengkap ulama berpengaruh di Pilpres 2019 yang dianggap memberikan dampak elektoral bagi pemilih. Ulama ini juga imbauannya dianggap didengar masyarakat.

Hasil survey Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menempatkan lima ulama dianggap paling berpengaruh karena imbauannya didengarkan masyarakat. Kelima ulama tersebut adalah Ustad Abdul Somad (UAS), Ustad Arifin Ilham, Ustad Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Habib Rizieq Syihab (HRS). Data ini dirilis LSI Denny JA, Rabu (14/11).

Sementara itu, Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Rully Akbar, merespons pernyataan kuasa hukum FPI, Munarman. Rully menegaskan hasil survei soal Habib Rizieq Shihab berdasarkan data yang ada.

“Jika dianggap ini survei bayaran, itu kan persepsi dari pihak FPI. Dari track record LSI, kita selalu konsisten dengan data yang terpotret,” kata Rully, Rabu (14/11/2018).

Rully menyebut kontroversi terkait hasil survei LSI Denny JA tak dapat dihindari. Namun, dia menegaskan, LSI punya reputasi, dan rekam jejak LSI sebagai lembaga survei bisa ditelusuri.

Survei nasional LSI Denny JA dilakukan pada periode 10-19 Oktober 2018 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling.

Sementara pada pertengahan Agustus lalu, LSI juga membuat survei tokoh muslim paling berpengaruh untuk Pilpres 2019.

Ada 8 tokoh yang dijadikan LSI sebagai sampel. Mereka adalah Ustaz Abdul Somad (UAS), Ustaz Yusuf Masyur, KH Ma’ruf Amin, Habib Rizieq Syihab, Amien Rais, Said Aqil Siroj, Din Syamsuddin, hingga TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

Survei digelar pada 12-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan dalam survei adalah multistage random sampling dengan mewawancarai secara tatap muka 1.200 responden.

Survei dibacakan peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, di kantornya, Jalan Pemuda Raya, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Hasil surveinya sebagai berikut:
1.Ustaz Abdul Somad: 20,20%
2. Yusuf Mansur: 14,2%
3. KH Ma’ruf Amin: 8%
4. Habib Rizieq: 7%
5. Amien Rais: 5,8%
6. Said Aqil: 2,1%
7. Din Syamsuddin: 1,4%
8. TGB: 0,6%
9. Lainnya: 10,20%
10. Tidak tahu: 30,50%

(ral/int/pojokjabar)

loading...

Feeds