Waspada Penyakit Menular Saat Musim Penghujan

Ilustrasi influensa atau penyakit menular. Istimewa

Ilustrasi influensa atau penyakit menular. Istimewa

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Masyarakat diimbau waspada saat memasuki musim penghujan. Pasalnya, sejumlah penyakit seperti influensa atau penyakit menular bisa mengancam kesehatan.

Ketua IDI Jawa Barat, Eka Mulyana menjelaskan, untuk penyakit masif pada musim hujan ada tiga diantaranya seperti influensa.

Hal itu dikarenakan perubahan musim dan keadan kondisi tubuh sangat rentan. Ia mengatakan, jika daya tahan tubuh menurun virus mudah menyebar dan itu secara mudah menyerang kepada beberapa masyarakat lain.

Kemudian penyakit diare biasanya sering juga dialami mengingat dalam memilih makanan harus lebih teliti pada muaim hujan.

“Bisa juga mencegah melalui cuci tangan sebelum makan, karena rentan musim penghujan makanan masuk perut dalam keadan kurang bersih dan membuat perut protes,”ujarnya.

Kemudian penyakit demam berdarah, kata dia, musim hujan banyak genangan air dan ini pasti jentik nyamuk disitu gampang muncul, penanganan gampang dengan rajin bersihkan genangan tersebut.

“Banjir itu berhubungan dengan kebersihan, pasti pencernaan yang kena kemudian dampak langsung dari luar seperti kulit itu sering,”ungkapnya.

Menurutnya, masalah kulit kebanyakan akibat terpapar air kotor dan itu pasti dipastikan gatal-gatal akibatnya infeksi kulit seperti dermatitis, kebanyakan penyakitnya tidak terlalu berat saat muaim hujan akan tetapi tidak dibiarkan begitu saja.

“Seperti diare jangan dianggap enteng, ada contoh udah empat hari diare dan di anggap enteng akhirnya komplikasi ke ginjal dan tidak tertolong. Selain itu, waspada juga penyakit-penyakit menular lainnya,”jelasnya.

Ia menghimbau, karena ini musim penghujan apa yang masuk perut harus bersih, intinya cuci tangan dengan sabun untuk menangani diare. Kalau flu lebih dimengerti cara bersin yang baik agar tidak menular, pungkasnya.

(RBD/azs/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds