Meski Sudah Minta Maaf, Foto Sandi Langkahi 3 Makam Malah Viral di Medsos, Cek Makam Siapa?

Sandiaga Uno./Foto: Guruh

Sandiaga Uno./Foto: Guruh

POJOKJABAR.com, JAKARTA—Sandiaga Uno minta maaf telah melangkahi makam tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri.  Namun di medsos, foto Sandi melangkahi tiga makam malah viral.

“Pertama-tama, tentunya permohonan maaf. Manusia itu pasti ada khilaf. Saya hampir tiap hari berkunjung di kubur, ziarah,” kata Sandiaga Uno di Pekanbaru, Riau, Senin (12/11/2018).

Sandiaga mengaku, setiap kali berziarah, selalu ada orang yang memandunya. Namun Sandiaga tak mau menyalahkan pihak lain.

Foto Sandiaga Uno langkahi tiga makam yang viral di medsos.

Foto Sandiaga Uno langkahi tiga makam yang viral di medsos.

“Dan dalam ziarah tersebut, tadi juga ada ziarah kubur, di sini juga ada pemandunya. Dan tanpa mau menyalahkan siapa-siapa, saya harus berani mengambil risiko ini bahwa kesalahan ada di saya,” ujar Sandiaga Uno.

“Oleh karena itu kesalahan saya, saya mohon maaf. Dan tentunya manusia penuh khilaf, penuh salah. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf,” jelasnya lagi.

Meski sudah meminta maaf, di media sosial Indonesia, terutama Facebook, malah viral foto Sandiaga Uno melangkahi tiga makam. Makam pertama, makam KH Bisri Syansuri.

Lalu pada foto kedua, pada sebuah upacara resmi. Dimana kaki kanan Sandiaga Uno terlihat menginjak makam.

Dalam postingan foto ini ada judul berita dari sebuah media online, Sandiaga Uno sedang ziarah di makam Husni Thamrin dan Ismail Marzuki.

Sementara pada foto ketiga, tidak jelas disebutkan makam siapa. Namun dalam foto itu terlihat Sandiaga Uno sedang berjalan di atas deretan makam yang sempit, sehingga tidak ada lagi menyisakan jalan. Dan Sandi pun berjalan di atas makam itu.

Sebelumnya, beberapa hari ini viral video Cawapres Sandi melangkahi makam pendiri NU KH Bisri Syansuri.

Dalam video itu, Sandiaga Uno tampak mengenakan sarung dan berkopiah hitam, awalnya menabur bunga di makam tersebut. Sandi lalu melangkahi makam itu.

Prabowo, yang juga menabur bunga hendak berpindah ke makam selanjutnya, memilih melipir ke pinggir makam sebelum beranjak.

(ral/pojokjabar)

loading...

Feeds