Pasca Lion Air JT-633 Tabrak Tiang, KNKT Malah Sorot Sistem Hazard?

Viral foto kecelakaan Lion Air./Foto: Istimewa

Viral foto kecelakaan Lion Air./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyoroti sistem hazard.

Sorotan ini pasca sayap pesawat Lion Air JT-633 rute menabrak tiang lampu di Bandara Fatmawati, Bengkulu pada Rabu malam lalu (7/11/2018).

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menerangkan, sistem hazard merupakan manajemen transportasi udara yang diterapkan oleh operator bandara, dalam hal ini operator Bandara Fatmawati dan operator maskapai Lion Air sendiri.

“Karena semua kecelakaan pesawat itu diawali dengan hazard,” katanya di Posko Basarnas, Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (9/11).

Meski demikian, Soerjanto mengaku pihaknya belum menyelidiki insiden tersebut. Yang pasti, KNKT sudah meminta hasil penyelidikan sistem hazard yang dilakukan pihak terkait.

“Kami belum sempat, kami hanya minta nanti hasilnya apa. Yang paling penting hasilnya hazard-nya apa,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun, sejauh ini baru Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah VI yang sudah menurunkan Inspektur Kelayakan Udara untuk melakukan investigasi. OBU Wilayah VI bekerja sama dengan Tim Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bandara Fatmawati.

KNKT sendiri masih fokus mencari cockpit voice recorder (CVR) milik Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

(wah/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds

Lomba PMR yang diselenggarakan di SMPN 21  Bekasi. (ist)

SMPN 21 Bekasi Gelar Kibar ke-IX

PALANG Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 21 Kota Bekasi gelar kibar aksi persahabatan dalam lomba sepulau Jawa-Lampung. Perlombaan yang terselenggara …