Evakuasi 2 Pekan Korban Gempa dan Tsunami di Petobo Selesai, Kalau Ada Korban Lagi Begini Kata Rescue Basarnas,

Ilustrasi

Ilustrasi

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Evakuasi korban gempa dan tsunami berjalan selama 12 hari usai terjadinya bencana.

Proses pencarian korban gempa dan tsunami dilakukan di Kota Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah, dan dinyatakan telah selesai dilaksanakan.

Salah satu titik evakuasi korban yakni terletak di Kelurahan Petobo, Kota Palu. Pada wilayah tersebut terjadi likuifaksi akibat gempa Magnitudo 7,4  mengakibatkan banyak korban tertimbun reruntuhan bangunan dan lumpur.

Tim Rescue Basarnas di Kelurahan Petobo menyebut sebanyak 179 orang berhasil dievakuasi selama hampir dua pekan pencarian. Namun diduga masih banyak ribuan korban yang belum berhasil terevakuasi.

“Total 179 jasad korban berhasil dievakuasi,” kata Koordinator Rescue Basarnas, Chandra Kresna saat ditemui JawaPos.com di Kelurahan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10).

Dua Pekan Pencarian, 179 Jenazah Berhasil Dievakuasi di Petobo

Petugas saat mengevakuasi korban gempa likuifaksi di Perumnas Balaroa di Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10). (Issak Ramadan/JawaPos.com)

 

Proses evakuasi di Kelurahan Petobo menggunakan enam escavator dan dibantu oleh berbagai tim rescue relawan.

Chandra menyebut, tumpukan lumpur dan reruntuhan bangunan yang menggunung membuat Tim SAR sulit melakukan proses evakuasi.

gempa bumi

Ilustrasi gempa bumi


loading...

Feeds