Wisata Heritage di Kota Cimahi Masih Terkendala

Anggota komunitas Cimahi Heritage merapikan arsip foto sejarah Kota Cimahi di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita.

Anggota komunitas Cimahi Heritage merapikan arsip foto sejarah Kota Cimahi di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita.

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Rencana untuk mengenalkan wisata heritage di Kota Cimahi belum bisa terealisasi. Itu lantaran masih banyak kendala yang mesti diselesaikan oleh pemerintah.

Menurut Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, pihaknya saat ini masih mematangkan konsep dan kemasan dari wisata heritage, ditambah dengan belum siapnya fasilitas pendukung yang menunjang.

“Wisata militer sudah dalam perencanaan, sekarang Disbudparpora sedang mematangkan konsepnya,” ujar Ngatiyana saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Senin (24/9/18).

Ada beberapa destinasi wisata heritage garnisun yang sangat berpotensi di Cimahi, seperti Batalyon Armed di Jalan Rajawali, Penjara Militer Poncol, Gedung Historich, Kuburan Kerkoff, dan bangunan berarsitektur Belanda lainnya di Kota Cimahi.

“Kita juga butuh penginapan, terutama untuk wisata di Kampung Adat Cireundeu. Kemungkinan nanti penginapan akan memanfaatkan rumah-rumah warga ditambah penginapan khusus,” ungkapnya.

Sementara untuk memudahkan para wisatawan, pihaknya akan menyiapkan kendaraan khusus seperti Bandung Tour On The Bus (Bandros) seperti di Kota Bandung, tetapi akan dikemas secara berbeda.

“Tapi untuk sementara kita akan menyediakan mobil TNI yang di Kota Cimahi, seperti mobil truk Reo atau mobil antik milik militer saat launching pertama,” katanya.

loading...

Feeds