Terima Suap, Mantan Bupati Subang Imas Aryumningsih Divonis 6,5 Tahun Penjara

SIDANG: Mantan Bupati Subang, Imas Aryumningsih divonis hukuman bui selama 6,5 tahun penjara. AZIS ZULKHAIRIL/RADAR BANDUNG

SIDANG: Mantan Bupati Subang, Imas Aryumningsih divonis hukuman bui selama 6,5 tahun penjara. AZIS ZULKHAIRIL/RADAR BANDUNG

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Mantan Bupati Subang Imas Aryumningsih divonis hukuman bui selama 6,5 tahun. Imas terbukti menerima duit suap Rp 410 juta dalam kasus perizinan pembuatan pabrik di Subang.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada PN Bandung yang dipimpin oleh Dahmi Wiyarni membacakan amar putusan kepada Imas Ayumningsih atas tindakan korupsi yang menimpa imas terkait suap pengurusan izin lokasi di Kabupaten Subang.

“Menjatuhkan pidana penjara selama enam tahun enam bulan, denda Rp 500 juta, subsider kurungan tiga bulan,” kata Dahmi di Jalan LLRE Martadinata, Senin (24/9). Kata Dahmi, Imas juga diwajibkan membayar uang ganti rugi pada negara senilai ratusan juta rupiah. Jika tidak bisa memenuhi akan digantikan dengan hukuman penjara dan penyitaan harta benda.

“Membayar ganti rugi sebesar Rp 410 juta, dengan jika setelah satu bulan keputusan tidak sanggup membayar, maka diganti dengan disitanya harta benda terdakwa, atau diganti kurungan penjara selama satu tahun,” ujar hakim.

Dalam putusan yang dibacakan Dahmi, Imas terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama- sama dan berkelanjutan sebagaimana di atur dalam dakwaan alternatif pertama, yakni pasal 12 hurup a Undang- undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Lanjut Dahmi, hal-hal meringankan seperti bersifat sopan, belum pernah dihukum, punya tanggungan keluarga dan sudah lanjut usia serta sering sakit-sakitan.

“Yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi,” ungkapnya.

(RBD/azs/pojokjabar)

loading...

Feeds