Jelang Pilpres dan Pileg 2019, Polres Cimahi Antisipasi Hoax di Media Sosial

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Polres Cimahi mengantisipasi pemberitaan hoax dan ujaran kebencian yang marak beredar di media sosial.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana mengatakan pihaknya sudah membentuk Tim Cybercrime Sat Reskrim Polres Cimahi untuk menghalau segala pemberitaan negatif dan hate speech di media sosial.

“Kami sangat mengkhawatirkan adanya serangnya black campaign dan hate speech atau pemberitaan hoax di media sosial. Untuk itu kami menyiapkan tim siber,” kata Rusdy.

Dirinya mengaku, pihaknya sudah mewaspadai setiap ancaman yang akan timbul saat perhelatan dua pesta demokrasi pada 2019 nanti, dan tidak bisa dipungkiri jika potensinya sangat besar untuk terjadi.

“Jelas sangat ada, karena media sosial sekarang menjadi satu media untuk ajang promosi terbesar. Bisa mendukung atau menjatuhkan kubu lawan,” bebernya.

Menurutnya, pelaku hate speech atau penyebar hoax bisa dipidanakan jika terbukti melakukannya. Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya belum menemukan ada indikasi dua tindakan ilegal itu.

“Bisa kita kenakan pidana, tapi mudah-mudahan jangan sampai ada. Dan memabg sampai sekarang ini masih nihil, masih mampu kita redam,” tegasnya.

loading...

Feeds