Mati Suri, Empat Jalur Kereta Api di Jabar Akan Dihidupkan Lagi

TRANSPORTASI: Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan PT KAI (Persero) akan menghidupkan kembali empat jalur kereta yang mati suri di Jawa Barat. RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

TRANSPORTASI: Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan PT KAI (Persero) akan menghidupkan kembali empat jalur kereta yang mati suri di Jawa Barat. RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan kembali mengaktifkan empat jalur kereta api di Jawa Barat. Langkah ini diambil pria yang seringg dipanggil Emil itu untuk mengurai kepadatan kendaraan lintas kota.

Empat rute tersebut diantaranya, Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari. Rute tersebut diyakini Emil mampu mendukung pariwisata di Jawa Barat.

Emil mengatakan, rencana pengaktifan jalur kereta tersebut untuk kemudahan transportasi. Sehingga daerah-daerah yang dilalui lajur kereta api itu bisa menumbuhkan sektor ekonomi. Emil lalu melanjutkan, dengan demikian akan ada pergerakan orang dan barang, dengan aksesbilitas yang semakin mudah.

“Nanti dibangun stasiun-stasiun baru di titik-titik wisata, perumahan, ataupun di titik- titik keramaian, untuk memecah kepadatan di Jawa Barat,” jelas Emil di Gedung Sabuga, Kota Bandung Kamis,(13/9).

Selain itu, Emil juga ingin mengembalikan budaya naik kereta api di Jawa Barat seperti di Eropa, dimana  masyarakat lebih memilih naik kereta karena nyaman dan terintegerasi.

Terang Emil, agar segera di realisasikan pengaktifan jalur keretanapi tersebut, dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi terhadap warga yang wilayahnya menempati jalur kereta api.

“Nanti akan ada sosialisasi secepatnya untuk pembangunan pengaktifan jalur kereta api,” ucapnya. Emil juga menjelaskan pengaktifan jalur kerta ini tidak akan ada pembebasan lahan, karena pada dasarnya jalut sudah ada.   “Jalur mah ada, paling penertiban aja,” seloroh dia.


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …