Polda Jabar Ungkap Kasus Narkotika Jaringan Internasional, 10 Kg Sabu Disita

EKSPOS: Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menunjukkan barang bukti sabu. AZIS ZULKHAIRIL/RADAR BANDUNG

EKSPOS: Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menunjukkan barang bukti sabu. AZIS ZULKHAIRIL/RADAR BANDUNG

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Khasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu sudah menyasar jaringan internasional. Polda Jawa Barat, baru-baru ini berhasil mengamankan pelaku jaringan internasional Malaysia – Indonesia.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, untuk jaringan Malaysia-Indonesia penyalahgunaan narkotika jenis sabu sebanyak 10 paket besar dengan berat bruto 10,479 Kilogram yang diungkap oleh Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat di jalan tol KM 59 Karawang Timur.

“Kasus tersebut menangkap tiga orang dengan Berinisial IS alias Kasep (28), YK alias Ned (39) berprofesi sebagai supir, EJ alias Edo (30) yang merupakan Napi Lapas kelas II A Subang,” sebutnya di Mapolda Jabar, Rabu (12/9).

Modus operandi yang digunakan, kata Agung, tersangka YK dan IS disuruh oleh tersangka, EJ untuk mengambil satu kantong plastik hitam yang berisi 10 paket besar narkotika jenis sabu didalam bekas kemasan teh china narkotika jenis sabu ke daerah Jakarta dengan imbalan yakni sebesar Rp 4 juta.

Kemudian, Agung melanjutkan, tersangka EJ mengendalikan dari dalam lapas klas II A Subang, mengambil narkotika jenis sabu dengan cara membawa sabu dari Jakarta dengan menggunakan mobil. Mengedarkan sabu melalui jaringan internasional dan pemasaran dilakukan di wilayah Jawa Barat.

“Menurut hasil interogasi, tersangka EJ meraup keuntungan sebesar Rp 5 jua hingga Rp10 juta per minggu,” kata Agung di Jalan Soekarnohata, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8).

Agung menambahkan, satu gram diasumsikan untuk digunakan oleh lima orang pengguna. Sehingga dapat diartikan dari BB Sabu seberat 10,479 Kg X 5 orang = 52.395 Jiwa yang terselamatkan melalui pengungkapan ini.

Tersangka dijerat hukuman berdasarkan, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Pasal 132 ayat (2) dalam hal perbuatan Percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114,115,112 pelakunya dipidana dengan pidana penjara yang sama sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal-Pasal tersebut.

(RBD/azs/nda/pojokjabar)


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …