Miris, Ribuan Anak di Kota Cimahi Putus Sekolah

BERJALAN : Pemandangan yang sangat berbeda antara anak sekolah dan anak tidak sekolah. Ist

BERJALAN : Pemandangan yang sangat berbeda antara anak sekolah dan anak tidak sekolah. Ist


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Jumlah anak tidak sekolah di Kota Cimahi mencapai 1.345. mereka yang tidak sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Data tersebut diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Cimahi sepanjang tahun 2017. Sementara untuk data tahun 2018 masih dalam proses.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan menjelaskan, setiap tahun pihaknya selalu melakukan identifikasi terhadap anak-anak yang kedapatan tidak sekolah dengan melibatkan pihak RT/RW se-Kota Cimahi yang tentunya berhubungan langsung dengan anakanak di setiap wilayah.

“Angka putus sekolah ini terus kita update, kita lakukan identifikasi sesuai jenjang umur. Kami sudah melakukan pendataan dan kerja sama dengan RT maupun RW,” kata Dikdik.

Dia melanjutkan, dalam pendataan itu pihaknya juga melakukan pendekatan untuk melihat kemungkinan apakah anak tersebut bisa didorong untuk melanjutkan ke sekolah reguler atau tidak.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mendorong anak putus sekolah ini untuk mengikuti sekolah paket di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Terlebih, khusus SD dan SMP negeri itu biaya pendidikannya gratis. Selain itu, untuk tingkatan lainnya ada juga Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Loading...

loading...

Feeds