Tahun Ini, BIJB Kertajati Tak Terbangkan Jamaah Haji

MENINJAU: Presiden Jokowi saat meninjau Bandara Internasional di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (17/4/18).  RIANA SETIAWAN/ RADAR BANDUNG

MENINJAU: Presiden Jokowi saat meninjau Bandara Internasional di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (17/4/18). RIANA SETIAWAN/ RADAR BANDUNG

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dipastikan tidak bakal memberangkatkan jamaah haji untuk tahun ini. Pemberangkatan akan tetap dilaksanakan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori mengatakan, pemberangkatan dari BIJB Kertajati hanya simbolis. Kemungkinan dua atau tiga kelompok terbang (Kloter) haji yang akan menggunakan BIJB itupun menuju Bandara Soekarno Hatta untuk ujicoba kelayakan bandara.

“Waktu pemberangkatan jemaah haji dari Jawa Barat tidak ada perubahan. Termasuk tempat pemberangkatan tetap di Bandara Soekarno Hatta,” ucap Buchori, kemarin.

Dia mengungkapkan, dari jadwal yang sudah dipublish jamaah akan masuk asrama haji Bekasi mulai 17 Juli 2018 dan diberangkatkan masih pada tanggal yang sama.

“Pemberangkatan pertama jemaah haji kloter 1 berasal dari Kabupaten Sumedang,” terangnya.

Untuk mengecek kesiapan panitia dalam pelaksanaan haji kali ini, Pejabat Sementara Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan melakukan sidak ke Asrama Haji Bekasi Jabar, Senin (16/7).

Didampingi Pjs Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah, M Iriawan tiba sekira pukul 08.00 WIB dan langsung mengecek semua kesiapan asrama baik dari sarana prasarana dan pendukung lainnya.

Dalam kunjungannya, M. Iriawan diterima langsung pejabat UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi yang juga Kasi Pelayanan, Irwan Hamid dan Kasi Kerjasama, Hj. Kania Budhi Utami.

Iriawan berkeliling ke beberapa sudut pemondokan asrama. Umumnya, Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi sudah sangat layak untuk menampung jemaah asal Jawa Barat.

“Alhamdulillah Asrama Haji Bekasi dengan fasilitas yang ada sudah siap menerima kedatangan jamaah haji asal Jawa Barat,” ujar Iriawan.

Ia pun berharap jemaah haji merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan, karena tahun ini pemerintah sudah meningkatkan pelayanan haji dengan adanya mekanisme biometrik jemaah haji yang cukup dilakukan di embarkasi dan koper jemaah haji diberi warna khusus agar mudah dikenali.

(RBD/cr4/pojokjabar)


loading...

Feeds