Dinkes Kota Cimahi Siapkan Pos Kesehatan Gratis bagi Pemudik

SUASANA: Posko mudik yang disiapkan Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk pemudik yang melewati wilayah Cimahi di alun-alun Cimahi Jalan Amir, minggu (10/06/18). Ist

SUASANA: Posko mudik yang disiapkan Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk pemudik yang melewati wilayah Cimahi di alun-alun Cimahi Jalan Amir, minggu (10/06/18). Ist


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi siapkan posko mudik di alun-alun Cimahi Jalan Amir Machmud. Itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi pemudik.

Petugas yang berjaga di posko kesehatan tersebut yakni, satu dokter dua perawat dan satu sopir ambulans. Pelayanan kesehatan gratis tersebut dipusatkan pada dua posko yang dibangun di kawasan Alun-alun Kota Cimahi, dan Jalan Raya Cibeureum.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas kesehatan tampak berjaga dan mempersiapkan segala keperluan untuk melayani pemudik. Petugas Kesehatan dari Puskesmas Cimahi Tengah, Dr Ami mengatakan, Posko kesehatan tersebut sudah mulai beroperasi sejak, Sabtu (9/6) dan sudah ada pemudik yang memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis tersebut.

Namun, sejauh ini belum ada yang mengalami luka ataupun kecelakaan dijalan raya.

“Dari kemarin kami sudah bersiap siap, alhamdulilah lancar. Kami harap tidak ada pemudik yang mengalami kecelakaan,” kata Ami, di posko mudik Jalan Amir Machmud, Minggu (10/6) Dia melanjutkan, untuk teknis pelayannya, petugas kesehatan bersiaga di Posko sejak pukul 09.00-15.30 WIB untuk shift yang pertama, kemudian shift kedua sejak pukul 15.30-22.00 WIB.

Selanjutnya, di posko tersebut sudah disediakan pula sejumlah obat-obatan untuk penanganan awal seperti, meras pusing atau kendala ringan lainnya. Namun, jika penyakitnya parah atau tidak bisa ditangani di posko pelayanan maka, akan langsung di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat.

“Sejauh ini pasien yang datang ke posko, masih didominasi oleh pasien yang mengalami mual dan pusing saat perjalanan mudik,” katanya.

Bagi pasien yang telah mendapat pelayanan gratis, lanjut dia, diharuskan beristirahat beberapa jam sebelum melanjutkan perjalanan hingga kondisinya pulih.

“kebanyakan mereka yang mengalami pusing karena imbas dari kelelahan. Jadi perlu istirahat yang cukup,” ucapnya.

(RBD/cr4/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds