Pajak Air Tanah di Kota Cimahi Naik 100 Persen

Ilustrasi Air

Ilustrasi Air

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Cimahi menaikkan tarif satuan meteran air tanah yang digunakan oleh industri.

Sekretaris Bappenda Kota Cimahi, Yunita R. Widiana mengatakan, berdasarkan pertimbangan yang dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwal), harga air tanah di Cimahi akan segera disesuaikan.

Saat ini, harga permeter kubik air tanah hanya Rp 500 rupiah. “Akan segera naik melalui perwal yang akan segera disahkan,” kata Yunita di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (16/4).

Dia menjelaskan, dari harga Rp 500 permeter kubiknya, pemerintah akan menaikkan harga air bawah tanah menjadi Rp 1.500 hingga Rp 2.000 permeter kubik. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Kabupaten Bandung Barat, harga air tanah mencapai Rp4000 permeter kubiknya.

“Sebetulnya, kenaikan di Cimahi tidak besar dibanding daerah lain. Kami dari Bappenda sebetulnya hanya menarik pajak. Di Bandung Raya, tarif air tanah di Cimahi itu yang paling rendah, makanya perlu dinaikkan,” jelasnya.

Meski sudah menaikkan tarif sebesar tiga sampai empat kali lipat, lanjutu dia, tarif air tanah di Cimahi tetap berada di bawah tarif air tanah kota dan kabupaten tetangga.

loading...

Feeds