Soal Ujian Tingkat SMP/MTS Rawan Bocor, Polres Cimahi Lakukan Ini

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dalam upaya mecegah kebocoran soal menjelang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat SMP/MTS, pihak kepolisian Polres Cimahi segera mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengawasan terhadap pendistribusian soal di Cimahi.

Untuk jadwal UASBN di Cimahi akan dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 12 Mei 2018. Jadwal itu sudah termasuk dengan jadwal ujian susulan.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, mengatakan, dalam meningkatkan kualitas pendidikan tentu akan melibatkan banyak pihak. Sebab, pendidikan merupakan suatu hal penting dalam kehidupan.

“Tentunya petugas akan disiagakan dari mulai datangnya soal, sampai pendistribusian ke tiap sekolah,” kata Rusdy, di Mapolres Cimahi, kemarin.

Dalam pengamanan nanti, lanjut dia, pihaknya turut dibantu pula oleh TNI serta pihak terkait lainya. Sebab, dikhawatirkan ada oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Demi kepentingan bersama, tentunya kita berupaya menjaga ujian sekolah ini bebas dari, bocornya soal atau lembar jawaban yang bisa mengganggu konsentrasi para siswa,” tuturnya.

Adanya kebocoran soal yang sempat mencuat di Kota Bandung beberapa waktu lalu, dianggap bisa meruntuhkan mental anak bangsa. Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi Nurhasan menegaskan, kejadian seperti itu tidak boleh terjadi di Kota Cimahi.

Oleh karena itu, sangat diharapkan kerjasama antara Pemerintah Kota Cimahi dan pihak aparat keamanan berjalan baik. “Persempit ruang gerak mereka (oknum), jangan sampai generasi penerus menjadi korban kejahatan dibidang pendidikan,” tegas.

Menurut dia, dampak dari adanya soal ujian yang bocor dikalangan siswa sangatlah buruk. Selain merugikan diri sendiri, bisa menjadi pemicu kegaduhan dan kecemburuan sosial dikalangan siswa itu sendiri.

“Sebelum melakukan tindakan kejahatan tidak terpuji ini, perhatikan dampak buruk lainnya yang akan dirasakan para siswa,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds