Libur Panjang, Volume Kendaraan di Cimahi Diperkirakan Meningkat 30 Perse

ILUSTRASI : Suasana ratusan kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan lalu lintas.

ILUSTRASI : Suasana ratusan kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan lalu lintas.


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Volume kendaraan di wilayah hukum Polres Cimahi diperkirakan meningkat 30 persen. Meningkatnya volume kendaraan tersebut lantaran berbarengan dengan libur panjang.

Kendati demikian, Satuan Lalu lintas Polres Cimahi telah mempersiapkan pengamanan arus lalu lintas dari jalur Cipatat, Rajamandala, dan Lembang serta, jalur di Jalan Kolonel Masutri Kota Cimahi yang merupakan jalur menuju lokasi wisata di Kabupaten Bandung Barat.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Suharto, menyebutkan, Polres Cimahi menurunkan 60 orang personel sebagai upaya membantu kelancaran arus lalu lintas di jalur yang sudah ditentukan terutama, wilayah Kecamatan Lembang.

“Peningkatan kendaraan tidak akan signifikan dan diperkirakan hanya sekitar 10-30 persen. Itu hasil dari laporan anggota yang bertugas di beberapa titik,” kata Suharto, di Mapolres Cimahi, Jumat (30/3).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadikan masyarakat untuk memilih tidak melakukan kegiatan berlibur. Sebab, meski libur kali ini termasuk panjang namun, berbarengan dengan jadwal ujian anak sekolah. Selain itu, umat nasrani masih menjalankan ibadah di tempatnya masingmasing.

“Faktor lainnya yakni keamanan karena khawatir terjadi longsor di kawasan pegunungan. Sebab jalur wisata Lembang memang dikelilingi pegunungan,” tuturnya.

Walaupun kondisi lalu lintas saat ini terpantau masih lancar, lanjut Suharto, pihaknya tetap menerapkan rekayasa lalu lintas dengan pembatasan operasional mobil barang di jalur-jalur tertentu guna, mendukung kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan pengguna jalan selama libur panjang ini.

“Meski lalu lintas masih lancar, tentunya kami terus ingatkan agar pengguna jalan tetap waspada, mentaati peraturan lalu lintas dan anggota yang berjaga demi keselamatan di jalan raya,” lanjutnya.

Dia menambahkan, jalur wisata dari jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi menuju jalur wisata Lembang masih menjadi prioritas sebab, pihaknya tidak ingin terjadi kecelakan lalu lintas seperti yang terjadi tahun lalu.

“Kami harap, pihak pengelola angkutan khsusnya wisata tidak memaksakan kendaraannya beroperasi apabila kondisinya tidak laik jalan. karena dikhawatirkan jadi pemicu kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds