Tak Berizin, Puluhan Tower Pemancar di Kota Cimahi Bakal Disegel

Ilustrasi Penertiban Microcell.

Ilustrasi Penertiban Microcell.


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Sedikitnya 33 tiang Microcell Pole (MCP) yang berdiri di beberapa wilayah Kota Cimahi akan segera di segel. Penyegelan tersebut lantaran, tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Selain itu, dari hsil mapping yang dilakukan Satuan Polisi Pamomg Praja (Satpol PP) Kota Cimahi, tiang MCP itu pun belum memiliki izin prinsip bahkan, tidak memiliki izin Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Menurut Kasatpol PP Cimahi, Aris Permono, tidak tertatanya pendirian tiang tersebut menimbulkan berbagai dampak buruk seperti, permasalahan sinyal kemudian potensi munculnya gesekan dengan warga serta mengganggu sinyal penerbangan.

Terlebih, Kota Cimahi berdekatan dengan Landasan Udara Husein Sastranegara. “Jadi sudah seharusnya ditertibkan,” tegas Aris, Selasa (20/3). Kendati demikian, kata Aris, saat ini pihaknya masih mendalami berdirinya tiang MCP tersebut.

Sebab diketaui beberapa tiang MCP yang sudah berdiri namun belum beroperasi. “Saat ini sedang ada pemeriksaan terkait berdirinya MCP itu. Kalau memang ada izin yang belum selesai atau tidak jelas maka, bisa dilakukan penyetopan izin operasi,” katanya.

Atas berdirinya tiang MCP yang tidak memiliki izin tersebut, pihak Satpol PP akan memberikan ketegasan kepada pihak perusahaan. Aris melanjutkan, selain kasus 33 MCP yang izinnya tidak jelas itu, pihaknya telah mendata dan mengakui ada menara atau tower lain yang berdiri tanpa IMB di Kota Cimahi.

“Sebetulnya ada 77 menara yang menjadi incaran untuk ditertibkan. Namun kami masih lakukan pendalaman,” ujarnya. Dengan banyaknya laporan dari masyarakat yang mengadu terkait maraknya tower yang berdiri dimana saja, maka tugas Satpol PP sebagai penegak Perda tidak akan mudah.

“Kita akan melibatkan pihak terkait lainnya untuk, bersama menyelesaikan permasalahan tower ini,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds