Dalam Sebulan, Harga Cabai di Cimahi Sudah Naik Dua Kali

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Sejak sebulan terakhir, harga cabai di sejumlah Pasar Tradisional Kota Cimahi sudah naik dua kali. Beberapa jenis cabai yang saat ini mengalami kenaikan harga di antaranya cabai merah rawit domba (cengek domba) cabai TW dan cabai tanjung.

Ada pun harga cabai di Cimahi yang sudah mengalami kenaikan hingga Kamis (15/3/18), yakni, cabai merah rawit domba Rp70 ribu perkilogram. Semula, Rp35 ribu kemudian naik menjadi Rp50 ribu perkilogram.

Cabai Taiwan atau TW, saat ini naik dua kali lipat menjadi Rp60 ribu perkilogram. Sebelumnya, Rp30 ribu kemudian naik Rp40 ribu.

Namun, untuk harga cabai tanjung saat ini masih terbilang normal, sebab kenaikannya tidak terlalu signifikan, saat ini Rp40 ribu perkilogram, sebelumnya Rp 30 ribu kemudian naik menjadi Rp35 ribu perkilogramnya.

“Awal naiknya pas akhir bulan februari, tapi jaraknya cepat, baru tiga minggu udah naik dua kali,” ujar salah seorang pedagang sayuran, di Pasar Atas Barokah, Jalan Kolonel Masturi, Nana Suryana (64).

Dengan kenaikan harga tersebut, dirasakan pedagang cukup berpengaruh terhadap, menurunnya omset dagangannya. Sebab, mau tidak mau para penjual cabai harus mengurangi jumlah penjualannya.

“Kalau harga normal saya sedia banyak sampai 10 kilogram masing-masing jenis cabai, tapi kalau lagi naik paling berani cuman 3 sampai 5 kilogram,” ujarnya.

Hal serupa diungkapkan pedagang di Pasar Cimindi, Jalan Mahar Martanegara, Yanti (58). Menurut dia, apabila harga cabai terus meningkat, pihak yang diuntungkan hanya pedagang dan bandar besar saja.

“Pedagang kecil mah cuman muterin modal aja. Soalnya tidak berani membeli barang dengan jumlah banyak kalau, harga sedang naik. Jualan juga seadanya,” ujarnya.

Pengelola Pasar Atas Barokah, Yadi Supriyadi, mengatakan, dari berbagai informasi yang didapat dari pengirim barang, kenaikan harga tersebut pengaruh dari cuaca yang kurang bagus.

“Katanya sebagian petani ada yang gagal panen dan, biaya proses penanaman yang juga ikut naik seperti pupuk dan lainnya,” ujarnya.

Kendati demikian, untuk stok cabai di Pasar Atas Barokah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masih mencukupi.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds