Pemkot Cimahi Wacanakan Perda Sampah Plastik

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi wacanakan Peraturan Daerah (Perda) larangan kantong plastik. Mengingat dampak buruk terhadap lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

Hal itu merupakan upaya untuk melindungi lingkungan sekaligus berntuk dukungan terhadap program Citarum Harum Bestari.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Cimahi Ajay M Priatna, saat menghadiri kegiatan Internasional Zero Waste Cities Conference (IZWCC), di Gedung Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros, Selasa (6/3).

Oleh sebab itu, Ajay mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah sejak dari rumah tangga. Apalagi sampah plastik yang sulit diolah.

“Tentunya harus dipikirkan bagaimana sampah plastik bisa diminimalisir penggunaannya,” katanya. Menurutnya, sampah yang dihasilkan dari plastik itu sangat berbahaya karena sulit diurai.

Bahkan, meski sempat ada peraturan plastik berbayar pun, tampaknya tidak efektif. Terlebih, sampah plastik tetap mendominasi.

“Dengan adanya peraturan larangan, diharapkan dapat menekan sampah plastik,” tuturnya. Upaya lainnya dalam menekan sampah plastik di Cimahi, lanjut Ajay, pihaknya akan memaksimalkan keberadaan Bank Sampah Cimahi (Bank Samici).

“Melalui peran Bank Sampah ini, nantinya sampah akan dipilah mana yang bisa menjadi nilai ekonomi maupun yang bisa dijadikan kompos,” ujarnya.

Sejauh ini yang menjadi masalah dalam pengelolaan sampah di Cimahi, tidak terlepas dari keterbatasan lahan. Kendati demikian, kata Ajay, untuk mengelola sampah pihaknya akan, berupaya mengoptimalkan lahan yang ada.

“Kita upayakan, bagaimana ketika sampah dibawa ke TPA sudah tinggal sisa dari pengolahan,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds