Pembebasan Lahan Gagal, Pembangunan Sub Terminal Cibeber Terancam Batal

Terminal Cibeber

Terminal Cibeber


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pembangunan sub terminal Cibeber mundur karena Pemerintah Kota Cimahi gagal membebaskan lahan. Terminal tipe C itu awalnya akan dibangun untuk menampung angkutan umum kota (angkot) yang selama ini tidak memiliki tempat lansir penumpang, serta menertibkan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Kegagalan Pemkot Cimahi dalam pembebasan lahan itu lantaran, pemilik lahan tidak mau melepas asetnya. Sehingga, untuk pembangunan fisik di atas tanah seluas 750 m² hingga 1.000 m² itu tidak dapat direalisasikan. Tanah tersebut berada di RW 6, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan.

Dengan begitu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi selaku pihak terkait nampaknya harus mengubur rencananya untuk membangun kebutuhan sub terminal. Kepala Bidang Angkutan dan PJU pada Dinas Perhubungan, Endang, pemilik lahan di lokasi tersebut ada dua kepala keluarga (KK).

Namun, salah seorang pemilik lahan tidak mau memberikan asetnya. Sehingga, apabila tetap memaksakan dibangun maka, hasilnya tidak maksimal. “Sejauh ini baru setengahnya yang sudah dibebaskan, setenganya lagi belum,” katanya.

Untuk membebaskan lahan tersebut, Pemkot Cimahi pada tahun 2017 harus mengeluarkan anggaran hingga Rp2 miliar dengan asumsi, harga tanah Rp 2,5 juta permeter.

“Untuk tahun 2018 ini, anggaran pembebasan lahan belum dialokasikan karena, pemilik aset belum mau mengeluarkan,” terangnya. Hingga saat ini, Pemkot Cimahi belum memilki opsi pengalihan lahan lain di kawasan Cibeber untuk dijadikan sub terminal.

“Sebetulnya ada lahan lain yang jadi alternatif, di Amir Machmud Cibeber. Luasnya sampai 4000 M² tapi, kendalanya dokumen tanahnya belum jelas,” terangnya.

Kendati demikian, pemerintah masih tetap berupaya membuat sub terminal di wilayah Rw 06 Kelurahan Cibeber. Terlebih, kawasan tersebut dinilai strategis serta didukung pula dengan kontur tanah yang sesuai untuk terminal.

“Tempatnya sudah strategis, makanya kita pilih. Sekarang kami sedang melakukan pendekatan dengan pemilik lahan. kita upayakan bagaimana menciptakan solusi terbaiknya,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds