Minat Baca Masyarakat dan Pelajar di Kota Cimahi Masih Rendah

perpustakaan

perpustakaan

Cari Aman

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Minat baca masyarakat dan pelajar di Kota Cimahi terbilang rendah dan terus menurun. Indikatornya adalah kurangnya kunjungan masyarakat ke sarana tempat baca yang ideal seperti perpustakaan.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Cimahi, Maria Fitriana, menurunnya minat baca, terutama pada buku konvensional dipengaruhi oleh pengawasan dan dorongan yang kurang khususnya dari guru dan pengelola perpustakaan.

“Siswa masih berpikir masuk ke perpustakaan itu membosankan, mereka lebih senang berselelancar di dunia maya. Seharusnya, guru dan pengelola perpustakaan berperan aktif mendorong mereka untuk mau membaca,” ujar Maria saat ditemui disela-sela kegiatan Safari Perpustakaan di Kecamatan Cimahi Utara, Kamis (22/2/18).

Untuk itu pihaknya mengundang guru dan pengelola perpustakaan dalam kegiatan tesebut, dengan tujuan memberikan pemahaman pentingnya membaca buku dan mampu membuat buku serta perpustakaan menjadi menarik di mata siswa dan masyarakat umum.

Di sisi lain, penggunaan gawai (gadget) oleh hampir semua kalangan juga memiliki pengaruh dalam menurunkan minat membaca, khususnya pelajar.

“Padahal gawai juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan minat membaca, tergantung pada bahan bacaan seperti apa yang dikonsumsi penggunanya,” katanya.


loading...

Feeds