Perda Kepemudaan di Kota Cimahi Harus Segera Diimplementasikan

Ilustrasi perda

Ilustrasi perda

Cari Aman

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dikalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

Demikian diungkapkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Cimahi Edi Kanedi, Rabu (21/2/18). Dia menjelaskan, dibentuknya Perda Kepemudaan tersebut agar, potensi pemuda bisa digali untuk membantu pembangunan daerah.

Sebab, jika potensi pemuda khususnya di Cimahi tidak terakomodir maka, hal negatiflah yang akan didapat.

”Sayang kalau potensi pemuda tidak dilibatkan dalam pembangunan daerah,” katanya.

Perda Kepemudaan tersebut, lanjut dia, sudah dibentuk pada tahun 2016, dan telah dibahas mengenai pemberdayaan pemuda. Sehingga, pemuda layak mendapatkan berbagai pelatihan mengenai pekerjaan atau pelatihan yang berkaitan dengan pembangunan daerah.

”Dengan demikian, pemuda tidak lagi tergantung sama yang namanya bantuan langsung dari pemerintah,” tuturnya.

Sejauh ini Edi menilai, banyaknya pemuda yang melakukan hal negatif seperti, terjerat lingkaran narkoba maupun melakukan tindakan kriminal lainnya lantaran, potensi mereka tidak tersalurkan.

”Hasilnya, pengangguran dikalangan pemuda terus bertambah. Padahal, pemuda itu merupakan generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Dalam hal pemberdayaan pemuda, kata dia, pemerintah bisa juga mengarahkan bagaimana cara melaksanakan wirausaha. Sebab, dengan berwirausaha, mereka akan mempunyai kegiatan positif sehingga otomatis, tindakan negatif dikalangan pemuda bisa ditekan.

”Sekarang, tinggal bagaimana pemerintahnya. Apakah dalam memajukan pembangunan daerah butuh pemuda atau tidak,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)


loading...

Feeds

Syahrini

3 Alasan Syahrini Belum Juga Menikah

Penyanyi sensasional Syahrini membeberkan alasan kenapa dirinya belum menikah hingga saat ini. Dia mengaku punya tiga alasan belum menikah meski …