Pemkab Bandung Barat Gelontorkan Anggaran Rp5 M untuk Pembebasan Lahan

Anggaran dana  (ilustrasi)

Anggaran dana (ilustrasi)

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat mengelontorkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk pembebasan lahan Kompleks Pemkab Bandung Barat di Desa Mekasari Kecamatan Ngamprah.

Anggaran sebesar itu untuk membebaskan tiga hekatre lahan, dimana lahan itu akan dipergunakan untuk pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman KBB, Adang Rachmat Syafaat mengatakan, secara keseluruhan total luas lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan Kompleks Pemkab yaitu 100 hektare.

Namun, hingga kini, sudah 60 hektare lahan yang dibebaskan. “Anggaran pembebasan lahan tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp 16 miliar, ini karena prioritas saja. Sebab, ada hal-hal lain yang perlu diselesaikan sesuai dengan RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah- red),” kata Adang kepada Pasundan Ekspres di Ngamprah, belum lama ini.

Dia menambahkan lahan di Desa Mekarsari itu, dalam waktu dekat akan digunakan untuk pembangunan gedung baru DPRD KBB. Pembangunan gedung baru DPRD KBB 4 lantai tersebut diperkirakan menelan dana hingga Rp 150 miliar.

“Memang lahan itu untuk pembangunan gedung dewan,” ujarnya.

Untuk pembangunan tahap pertama, dibutuhkan Rp 30 miliar. Sejatinya, pembangunan dilakukan akhir tahun lalu, namun karena bantuan dari Gubernur tidak turun, akhirnya pembangunan ditunda.

“Kajian dan masterplannya sudah selesai, tinggal menunggu realisasi anggaran. Dari segi perencanaan, pembangunan gedung DPRD sudah siap. Hanya memang, terkendala anggaran saja,” jelasnya.

Adapun kendala lain yang dihadapi, yaitu soal kepemilikan lahan. Sebab, banyak warga yang tidak memiliki sertifikat atas lahan ataupun bangunan yang mereka miliki.

“Kebanyakan masih berupa girik, belum sertifikat. Sementara, kepemilikan sudah banyak yang berpindah kepada ahli waris. Jadi, untuk mengurus kepemilikan ini memang agak lama,” ungkapnya.

(RBD/bie/pojokjabar)


loading...

Feeds

Syahrini

3 Alasan Syahrini Belum Juga Menikah

Penyanyi sensasional Syahrini membeberkan alasan kenapa dirinya belum menikah hingga saat ini. Dia mengaku punya tiga alasan belum menikah meski …