Walikota Cimahi: Satuan Kerja Harus Punya Medsos

Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna/Foto: Facebook

Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna/Foto: Facebook

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Di era teknologi informasi, Walikota Cimahi memerintahkan seluruh satuan kerja hingga kecamatan mempunyai akun media sosial. Hal itu diperlukan sebagai salah satu media komunikasi antar pemerintah dan masyarakat.

“Beberapa unit kerja dari dinas hingga kecamatan sudah membuat akun medsos. Saya harapkan yang lain menyusul,” ujarnya, Minggu (11/2/18).

Ia sendiri mengaku mempunyai tiga akun media sosial, yakni Instagram dengan akun ajaympriatna, Line dengan akun mkw7884k, dan laman Facebook Ajay Muhammad Priatna. Semuanya dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

Ajay kerap menggunakan bahasa pergaulan agar terkesan tidak monoton dan kekinian.

“Akun medsos saya gunakan untuk berbagi informasi hingga menampung saran dan keluhan masyarakat,” ucapnya Alasan permintaan pada satuan kerjanya untuk bermedsos disebut karena pola komunikasi saat ini sudah banyak berubah.

Kehadiran media sosial pun banyak dimanfaatkan masyarakat. Untuk itu, pemerintah pun harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.

“Kenapa itu tidak kita manfaatkan untuk menyebarkan informasi soal kinerja maupun layanan pemerintah,” tuturnya.

Menurut Ajay, selain sebagai sarana berkomunikasi dengan masyarakat, peran medsos bahkan dapat menampung aspirasi, masukan, hingga kritikan. Selain itu, adanya media sosial pun bisa menyanggah berita hoax yang beredar di kalangan masyarakat.

Informasi yang didapat dari medsos yang berkaitan dengan pelayanan birokrasi maupun kondisi di lapangan, lanjut Ajay, bakal diteruskan ke dinas terkait.

“Kebetulan di Pemkot Cimahi juga punya grup WhatsApp untuk memudahkan koordinasi. Ketika ada laporan atau kejadian dari medsos saya bakal langsung didistribusikan ke grup tersebut, pasti bakal direspon asal jelas permasalahan dan bukan hal yang anehaneh,” imbuhnya.

Ajay menilai penting dalam aktif bermedsos seiring perkembangan jaman. “Teknologi bergerak sangat cepat, minimal kita bisa merespon. Kalau ada info kejadian bisa cepat tahu dan cepat ditanggulangi,” katanya.

Selama ini Pemkot Cimahi sudah menyediakan akses pengaduan masyarakat lewat layanan Pesan Penduduk (Pesduk) sejak 2012. Caranya masyarakatnm mengirim pesan singkat pada nomor 081221700800 dan akan segera direspon langsung oleh dinas terkait.

“Ya banyak kanal lah bagi masyarakat agar bisa berinteraksi dengan pemerintahnya. Yang pasti apapun saluran pengaduan yang digunakan masyarakat, kita respon segera,” tuturnya.

Ajay pun menegaskan, penggunaan media sosial bukan berarti mengesampingkan kunjungan langsung kepada masyarakat.

“Media sosial penting, tai hanya bersifat sebagai pelengkap. Nomor satu tetap saja melayani dan menerima aspirasi dengan terjun langsung ke lapangan,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

loading...

Feeds

Formasi

Pengurus Formasi Resmi Dikukuhkan

PENGURUS Forum Media Industri Bekasi (Formasi) resmi dikukuhkan di Hotel PrimeBiz, Cikarang Selatan, Selasa (13/11/2018). Pengukuhan itu dihadiri praktisi Human …