Dishub Kota Cimahi Siapkan Perda Khusus Parkir

Ilustrasi parkir

Ilustrasi parkir


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi siapkan teknis manajemen parkir. Hal tersebut dilakukan mengingat akan adanya Peraturan Daerah (Perda) khusus perparkiran.

Perda tersebut saat ini masih dalam tahap pengkajian yang dilakukan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Cimahi. Kepala Dishub Kota Cimahi Ison Suhud mengatakan, Perda Perparkiran bakal memuat unsur teknis terperinci manajemen parkir di Kota Cimahi.

Bidang parkir yang semula sudah tercantum dalam Perda Penyelenggaraan Perhubungan dibuat terpisah. Mulai dari penerapan zonasi perparkiran sesuai fungsi kawasan hingga keharusan memiliki lahan parkir yang memadai, termasuk kebijakan zonasi yang bakal diterapkan disesuaikan dengan fungsi kawasan.

“Dengan banyaknya juru parkir tapi kesenjangan terjadi karena potensi parkir beda-beda. Nanti akan dilakukan penyesuaian tarif sesuai zonasi,” kata Ison, senin (22/1/18).

Menurutnya, gedung yang lokasi parkirnya berpotensi menimbulkan kemacetan, sudah jelas harus memiliki lahan parkir yang memadai. Contohnya, rumah sakit, perbankan, kantor, dan pusat perbelanjaan.

“Jangan sampai warga yang datang ke gedung itu malah parkir di bahu jalan. Itu yang menyebabkan kemacetan selama ini di Cimahi,” ujarnya.

Ison melanjutkan, jika dimungkinkan pihak swasta dapat membangun gedung parkir untuk memindahkan lahan parkir on-street ke lahan parkir off-street maka, akan lebih baik. Dengan begitu, retribusi parkir bisa lebih jelas hitungannya karena masuk dalam sistem sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Bangunannya tidak harus satu gedung kantor atau pertokoan punya lahan parkir sendiri, tapi bisa perusahaan lain menyediakan gedung parkir yang bisa dipakai bersama,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds