Hasil Tes Kesehatan Paslon Pilgub Jabar 2018 Diumumkan 16 Januari

KOMPAK: Empat bapaslon cagub dan cawagub Jabar tampak kompak bergandengan tangan saat akan menjalani tes kesehatan di RS Hasan Sadikin Bandung, kamis (11/1/18). RMOL

KOMPAK: Empat bapaslon cagub dan cawagub Jabar tampak kompak bergandengan tangan saat akan menjalani tes kesehatan di RS Hasan Sadikin Bandung, kamis (11/1/18). RMOL

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Rangkaian tes kesehatan pada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, telah selesai. Secara keseluruhan, pemeriksaan tersebut berlangsung sekitar sepuluh jam di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Kamis (11/1/18).

Plt Direktur Utama RSHS Bandung Nucky Nursamsi mengungkapkan, proses pemeriksaan empat bakal pasangan calon Pilgub Jabar 2018 telah berjalan sesuai rencana. Semua prosedur pemeriksaan telah dilakukan.

Mulai dari pemeriksaan darah, urine, Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), fisik, tes psikologi dan tes kesehatan lainnya. Jalannya pemeriksaan tersebut berlangsung pukul 07.00 WIB-17.30 WIB.

“Pemeriksaan hari ini cukup berat. Tapi dari sini kita bersyukur bahwa semua bakal pasangan fisiknya cukup tangguh,” kata Nucky usai pemeriksaan di Gedung Paviliun, RSHS, Jalan Eycman, Kota Bandung, Kamis (11/1/18).

Ketua IDI Jabar Eka Mulyana menuturkan setelah proses pemeriksaan ini pihaknya bersama tim dokter lainnya akan melakukan rapat pleno menyusun laporan hasil tes kesehatan yang dijalani para bakal calon ini. Rencananya rapat itu digelar pada 15 Januari mendatang.

“Kami di Jabar rencana mengadakan pleno untuk menyusun hasil pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan. Nanti rapatnya (tim dokter) tanggal 15 Januari, diumumkan tanggal 16 Januari secara resmi oleh KPU (Jabar),” terangnya Eka.

Sementara itu, salah satu paslon cagub Jabar, Ridwan Kamil mengaku tidak menemui kendala menuntaskan proses tes kesehatan yang digelar si RS Hasan Sadikin, Bandung, sebagai syarat dalam Pilgub Jabar. Selama 10 jam tes kesehatan berlangsung, dia mengaku bisa melewatinya. Bahkan, 90 persen pertanyaan dalam tes psikologi bisa diisi.

“Ada banyak pertanyaannya. Saya jawab 90 persen, susah-susah gampang. Tidak mudah tapi bisa dilewati,” kata pria yang akrab disapa Emil saat ditemui usai pemeriksaan, Kamis (11/1/18).

Dia mengaku, ada perbedaan pelaksanaan tes kesehatan yang dijalaninya tahun ini. Sewaktu mencalonkan diri sebagai walikota Bandung, lima tahun yang lalu pertanyaannya lebih sedikit, dan waktunya tidak terasa lama karena berlangsung selama dua hari. “Kalau Pilwalkot itu tes kesehatannya dua hari. Sekarang (Pilgub) satu hari,” ucapnya.


loading...

Feeds

LGBT

Cianjur Perlu Perda LGBT

Mazolat berharap, pekerjaan rumah yang tak mudah ini membutuhkan kerjasama dari masyarakat dan pemkab Cianjur.