Dinkes Kota Cimahi: Waspada Difteri, Jika Ada Warga Terjangkit Penyakit Difteri Segera Melapor

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi belum menemukan kasus difteri di wilayahnya. Namun, mereka mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor jika mengetahui adanya kasus penyakit difteri di sekitar lingkungan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Cimahi Agustianingsih mengatakan telah melakukan pemeriksaan terkait penyakit difteri ke lima rumah sakit yang ada di Kota Cimahi. Yakni RSUD Cibabat, RS Dustira, RS Mitra Kasih, RS Kasih Bunda, dan RS Avisena.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran untuk kewaspadaan kejadian luar biasa (KLB),” ujar Agustianingsih, saat dihubungi, Senin (11/12/17) Surat tersebut dikeluarkan untuk antisipasi dan deteksi dini jika sewaktu-waktu ditemukan kasus difteri. Surat itu ditujukan terhadap seluruh rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Cimahi.

Ia mengimbau, masyarakat yang anggota keluarganya mengalami sakit demam, batuk, sesak napas, nyeri menelan, serta nyeri tenggorokan agar segera dibawa segera ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Jika positif difteri, maka anggota keluarga harus diperiksa juga,” jelasnya.

Pencegahan difteri, sambung Agustianingsih, bisa dilakukan dengan cara imunisasi dasar DPT tiga kali, saat bayi berumur dua, tiga, dan empat bulan. Kemudian, imunisasi ulang atau booster umur 18 bulan, diikutkan dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah TD untuk SD kelas I dan TD untuk SD kelas II dan III.

(RBD/gat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds