Komplotan Pencuri Hewan Ternak di Cimahi Tak Berkutik Saat Diciduk Polisi

pelaku pencuri ternak (ilustrasi)

pelaku pencuri ternak (ilustrasi)


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Komplotan spesialis pencuri hewan ternak dibekuk satuan reserse kriminal Polres Cimahi. Ketiga komplotan itu cukup meresahkan warga terutama yang memiliki hewan ternak jenis domba.

Tersangka diketahui berinisial TT (39), IJ (35), DD (36). Mereka ditangkap di wilayah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/12), sekitar pukul 05.00 WIB.

Tiga serangkai ini tergolong nekat, terlebih saat melakukan aksinya mereka membawa senjata tajam yang akan digunakan apabila kepergok warga maupun pemilik ternak itu sendiri. Dalam sekali melakukan aksinya, minimal mereka berhasil membawa kabur sebanyak 2 sampai 5 ekor domba.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, mengatakan, modus yang dilakukan oleh tersangka yakni, merusak kandang domba milik warga dengan menggunakan sebilah golok kecil.

Kemudian, agar domba domba tersebut tidak bersuara, pelaku kemudian mengikat mulut domba dengan seutas tali dan langsung dimasukkan ke dalam karung berukuran 50 kilogram.

”Mereka juga menyewa sebuah angkot untuk membawa kabur domba curiannya,” kata Rusdy, di Mapolres Cimahi Jalan Amir Machmud, senin (11/12/17).

Dari pengakuan tersangka kepada polisi, lanjut Rusdy, mereka nekat melakukan hal tersebut karena didesak dengan kebutuhan ekonomi yang terus meningkat. Sebelum beralih profesi menjadi pencuri hewan ternak, para tersangka ini merupaka buruh tani di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

”Mereka mengaku baru 13 kali melakukan pencurian. tapi kami masih lakukan pengembangan,” ujarnya.

Dari 13 aksi pencurian yang dilakukan, kata Rusdy, jumlah domba yang berhasil dicuri oleh para pelaku sebanyak 26 ekor. Hewan ternak tersebut lalu disembelih dan langsung dijual ke salah seorang penadah yang kemudian dijual ke Pasar Padalarang dengan harga murah.

”Pendahnya sudah kami amankan bersama ketiga tersangka,” pungkasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Hukuman penjara diatas 5 tahun. Sedangkan penadah, dijerat pasal 480 KUHPidana tentang penadahan dengan hukuman penjara diatas 3 tahun.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds