ASN Sering Terjebak Praktik Gratifikasi, Ini yang Dilakungan Pemkot Cimahi

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Aparatur Sipil Negara (ASN) kerap terjebak tindak pidana gratifikasi. Penyebabnya, seringkali karena ketidaktahuan ASN maupun minimnya pendampingan dari institusi hukum.

Tak ingin ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Cimahi terlibat tindak pidana gratifikasi, Pemerintah Kota Cimahi melaksanakan sosialisasi gratifikasi sebagai langkah preventif.

Menurut Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, semua ASN wajib memahami apa itu gratifikasi, terutama para pejabat pemegang anggaran yang dirasa sangat riskan terlibat tindak pidana gratifikasi.

“Kita berusaha menghindari hal yang melanggar hukum, salah satu pelanggarannya adalah gratifikasi, yang biasanya melibatkan para ASN. Makanya kita berikan sosialisasi dan pencerahan terhadap mereka,” ujar Ngatiyana saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Selasa (5/12/17).

Sosialisasi yang menggandeng pihak Kejaksaan Negeri Kota Cimahi itu menyampaikan banyak hal, seperti bentuk-bentuk gratifikasi yang mungkin belum diketahui oleh para ASN. Bentuk gratifikasi dicontohkan seperti menerima parsel maupun hadiah yang bentuknya pribadi.

Pihaknya menekankan jika pejabat pemegang anggaran rentan terlibat gratifikasi karena menjadi pihak yang bertanggungjawab sebagai pengelola anggaran. Maka dari itu, pembekalan dan pemahaman tentang gratifikasi sangat penting disampaikan agar mereka bisa terlena.

“Soalnya segala bentuk pemberian itu harus dilaporkan, kalau tidak bisa dianggap gratifikasi dan dijerat pidana,” ungkapnya. Disinggung mengenai temuan tindak lidana gratifikasi, Ngatiyana mengaku selama dirinya menjabat masih nihil ASN yang kedapatan melakukan gratifikasi.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds

Rektor IPB Arif Satria dirawat di RS EMC Sentul Bogor

Rektor IPB Positif Covid-19 Lagi

Rektor institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria, terkonfirmasi positif Covid-19 kedua kalinya, usai sempat positif pada September 2020.