Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Cimahi Jawab Tuntutan Masyarakat Sekitar

Upacara bendera di SMPN 7 Cimahi. Warga menuntut jatah kuota bina lingkungan dalam PPDB 2017

Upacara bendera di SMPN 7 Cimahi. Warga menuntut jatah kuota bina lingkungan dalam PPDB 2017


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Warga yang berada di sekitar lingkungan SMPN 7 Kota Cimahi Jalan Kebon Jeruk, pertanyakan kuota siswa jalur afirmasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Mereka mempertanyakan mengapa anak-anak dari lingkungan sekitar tidak diterima di SMP tersebut. Padahal, jauh sebelum pihak sekolah mempunyai akses jalan, ada perjanjian lisan antara pihak sekolah dengan masyarakat sekitar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Cimahi Ade Rahayu Siswati, mengatakan, jatah bagi calon peserta didik yang mendaftar ke sekolahnya melalui jalur afirmasi sudah memenuhi kuota yang ditentukan.

Selain itu, dengan menggunakan sistem zona 1, zona 2, zona 3, dan zona 4. Siswa yang masuk zona 1 memiliki nem yang lebih kecil dibandingkan dengan zona 2 dan seterusnya.

SMPN 7 sebetunya sudah menyiapkan kuota sebanyak 78 orang untuk menampung calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi yang didalamnya terdapat jatah untuk warga sekitar atau bina lingkungan.

“Kuota 20 persen untuk yang jalur afirmasi itu sebetulnya sudah terpenuhi termasuk jatah untuk warga sekitar. Jadi, kalau ada masyarakat yang mengeluh tidak mendapatkan jatah, karena memang kuotanya sudah tidak mencukupi, bukannya pihak sekolah yang melarang,” ujarnya.

Menurut dia, jika merujuk pada Permendikbud Nomor 75 tahun 2017, yang mengatur bahwa setiap rombel diisi oleh 32 peserta didik. Namun demi mengakomodir jumlah calon peserta yang membludak, pihaknya menambah 4 kursi sehingga per rombel diisi oleh 36 peserta didik.

Ade berharap, masyarakat memahami posisinya, dan minta agar pihaknya diberi kewenangan untuk melaksanakan PPDB dengan semestinya. Jangan sampai ada masyarakat yang mengkoordinir satu pihak dan membuat situasi menjadi panas.

“Kalau memang ada keluhan, silakan sampaikan dengan baik. Kami hanya sebagai pelaksana kebijakan,” tuturnya.

(gat)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds