Kaum Urban di Kota Bandung Akan Didata

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, BANDUNG – Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung bakal menggelar Operasi Yustisi pada, Selasa (4/7/2017).  Untuk mendata kedatangan para penduduk. Operasi tersebut rencananya akan dilakukan didua lokasi meliputi Terminal Cicaheum dan Stasiun Kiaracondong.

“Prediksi kami jumlah penduduk yang datang ke Kota Bandung akan bertambah pasca Lebaran,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pendataan Disdukcapil, Kota Bandung, Edi R Zein saat dihubungi, Jumat (30/6/207).

Edi mengungkapkan, pemilihan waktu Operasi Yustisi untuk dinilai efektif lantaran waktu arus balik pasca-Lebaran. Dalam operasi itu pihaknya bakal mendata kartu identitas dan tujuan datang ke Kota Bandung.

“Kami menanyakan keperluan kaum urbanisasi, khususnya yang tidak punya identitas atau sanak-sodara di Kota Bandung. Untuk tindakan tidak ada hanya pencatatan saja,” katanya.

Sementara, sambung Edi, bagi warga Kota Bandung yang tidak memiliki KTP langsung ditindak berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

“Sanksinya bisa di denda Rp 50 ribu,” tuturnya.

Edi mengaku, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa para pendatang benar-benar ada keluarga di Kota Bandung dan memastikan para pendatang untuk mencari pekerjaan di Bandung.

“Kita hanya mengantisipasi. Jangan sampai ketika sudah di Bandung hanya menjadi pengangguran atau PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial),” pungkasnya.

(elg)

 

Loading...

loading...

Feeds