Kota Cimahi Mulai Cetak Lagi E-KTP

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Setelah tujuh bulan tertunda, Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi kembali mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah menjelaskan, pencetakan baru bisa dilakukan mulai pekan lalu, setelah jaringan atau server dari pemerintah pusat dipastikan sudah tidak mengalami gangguan.

“Sejauh ini, setelah blanko kami terima dan server kembali berfungsi kami telah mencetak 1.500 keping KTP-el,” kata Ade, Senin (8/5/2017) seperti dimuat RMOLJabar.Com.

Menurutnya, saat ini fokus menyelesaikan daftar tunggu KTP-el yang statusnya sudah Print Ready Record (PRR) mencapai 20 ribu. Sedangkan blanko yang diterima oleh Disdukcapi Kota Cimahi hanya 10 ribu keping.

Teknis pencetakan akan dilakukan sesuai nomor antrean yang sudah mendaftar dan masuk data PRR terhitung dari September 2016. Bagi e-KTP yang telah selesai dicetak, pihaknya akan memberitahu pendaftar lewat pesan singkat.

“KTP-el sudah tercetak, kita kasih tahu lewat SMS Gate Away,” katanya.

Senada, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Cimahi, Tri Lospala Candra menegaskan bahwa jaringan e-KTP dipastikan sudah aman. Hanya, memang pada saat tertentu kerap terjadi gangguan karena banyak yang menggunakan terutama pada jam kerja.

“Kendala jaringan pasti ada, tapi nggak setiap saat. Tapi, jaringan mah sudah aman gak ada masalah,” ujarnya.

Tri menjelaskan bahwa ada perubahan pada aplikasi pencetakan e-KTP. Jika semula prosesnya lebih singkat, tapi untuk pencetakan kali ini prosesnya lebih diperbanyak lagi.

“Prosesnya nambah, misalnya tadinya tiga langkah, sekarang jadi empat langkah,” pungkasnya.

[rmol]

Loading...

loading...

Feeds