Ayoo Manfaatkan Media Sosial Sebagai Citizen Journalism

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Bandung Barat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan media sosial sebagai wadah citizen journalism. Sebab, penyebaran informasi melalui media sosial kini lebih pesat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet.

Depan Pembina Relawan TIK KBB Riksa Fifqy Fuadi mengungkapkan, jumlah pengguna internet di KBB saat ini sekitar 60% dari jumlah penduduk 1,6 juta jiwa. Sebagian besar merupakan pemuda. Dari angka tersebut, 97% di antaranya hanya mengakses media sosial.

“Namun, sayangnya kebanyakan masih menggunakan media sosial untuk berkeluh kesah atau menyebar informasi yang belum jelas kebenarannya. Padahal, jauh lebih bermanfaat jika media sosial digunakan untuk memposting hal-hal positif,” ujarnya, Kamis 13 April 2017.

Dia menuturkan, Relawan TIK KBB mendorong para pengguna medsos di KBB untuk menyebarkan informasi di sekitar mereka disertai dengan foto dan keterangannya. Informasi itu bisa diposting di Facebook, Instagram, Twitter, dan berbagai medsos lainnya.

Dengan memposting informasi mengenai lingkungan sekitar, para pengguna sosial di KBB didorong untuk bisa menjadi citizen journalist. Harapannya, mereka menjadi lebih peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Loading...

loading...

Feeds