Warga Kota Cimahi Waspadai Serangan Penyakit DBD

Ilustrasi DBD.

Ilustrasi DBD.


Agar masyarakat paham akan ciri-ciri orang yang terkena virus oleh gigitan nyamuk, ia menjelaskan, saat ini orang yang terjangkit DBD, tidak bisa dilihat dari timbulnya bintik-bintik merah pada kulit. Tapi, bisa dirasakan jika panas dalam tubuh tidak teratur.

“Kalau seseorang mengalami demam tinggi dan lebih dari tiga hari, maka lebih baik diperiksakan ke dokter untuk cek darah, agar penyakitnya terdeteksi dan bisa ditangani sedini mungkin,” terangnya.

Kata dia, penderita DBD hingga meninggal, kebanyakan karena telat dibawa ke tempat fasilitas kesehatan. Misalnya, seseorang yang demamnya sudah tinggi, kemudian diberikan obat, dan demamnya menurun tapi belum diketahui terkena DBD atau tidak.

“Kebanyakan orang hanya menganggap demam itu demam biasa, karena ciri-ciri DBD berbeda-beda, dan tidak selalu menimbulkan bintik-bintik pada tubuh,” ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya meminta seluruh masyarakat khususnya Kota Cimahi melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Selain itu pihaknya pun juga akan turun langsung ke lapangan untuk memantau kondisi di masyarakat.

“Intinya kita harus lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan,” pungkasnya. (gat)‎

 

Loading...

loading...

Feeds