Bangun Kampung Budaya, Pemkot Bandung Harus Siapkan Rp 15 Miliar

Walikota Bndung , Ridwan Kamil

Walikota Bndung , Ridwan Kamil

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung dalam waktu dekat berencana membangun pusat budaya sunda di kawasan Bandung Timur, Cibiru. Pembangunan tersebut dikabarkan akan menelan anggaran Rp 15 miliar dari APBD Kota Bandung.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan pusat budaya sunda yang dirangcang akan memiliki konsep kampung budaya seperti kampung naga di Tasikmalaya.

“Konsepnya bernuansa tradisional sunda pokonya. Jadi kegiatan tidak selalu terpusat di tengah kota seperti kondisi saat ini,” ucap Ridwan Kamil kepada wartawan saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Senin (13/2/2017).

Dikatakan Ridwan Kamil, kampung budaya yang direncanakan luasnya 5.000 meter itu berdasaint seperti lorong-lorong. Fungsinya, sebagi pameran dari karya para seniman dan pengrajin untuk menjual produk UMKM.

“Kemudian bagian atasnya akan ada rumah-rumah khas sunda untuk para seniman berkarya,” terangnya.

Ridwan Kamilmelanjutkan, di kampung budaya juga akan dibangun beberapa ruang serbagunanya untuk pentas seni budaya serta padepokan untuk latihan tari dan silat.

“Jadi pengunjung bisa menonton kebudayaan dan bisa berinteraksi dengan seniman sekaligus melihat karya yang sedang diproduksi,” pungkasnya.(mur)

loading...

Feeds