Amankan Pilkada, Polda Jabar Terjunkan Ribuan Personel ke Dua Wilayah Ini

Ilustrasi Pengamanan

Ilustrasi Pengamanan

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Polda Jabar menerjunkan ribuan personel untuk mengamankan pelaksanaan pilkada serentak yang digelar di Kota Tasikmalaya dan Kota Cimahi.

“Kami menerjunkan 2.800 personel untuk mengamankan pilkada di Kota Tasik dan Kota Cimahi,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, Minggu(12/2/2017).

Dikatakannya, kekuatan personel yang dikerahkan itu dibagi dua untuk mengamankan pelaksanaan pilkada di Kota Tasikmalaya dan Kota Cimahi. Menurut dia, pasukan pengamanan itu sudah mulai bertugas sejak masa tenang dimulai “Kami juga koordinasi dengan penyelenggara pemilu berkaitan dengan dan pendistribusian logistik,” kata Yusri.

Sejauh ini, kata Yusri, situasi dan kondisi di dua lokasi yang akan melaksanakan pilkada itu terpantau aman. Namun pihaknya tak meremehkan dan mewaspadai setiap potensi konflik atau pelanggaran menjelang pelaksanaan pilkada.

“Kami antisipasi itu upaya kampanye hitam dan ujaran kebencian di media sosial. Kami juga meminta kesadaran semua pihak untuk tidak melakukan hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.

Sedangkan ia menyebut, Polda Jabar menerapkan tiga pola pengamanan pada pelaksanaan pemungutan suara di 2 daerah pelaksana pilkada serentak Kota Cimahi dan Kota Tasikmalaya. Pengamanan dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS) dan disesuaikan dengan lokasi TPS itu berada.

“Ada 3 kategori, yakni kategori I, kategori II, dan kategori III. Dari setiap kategori, jumlah personel Polri yang dikerahkan berbeda,” katanya.

Dikatakannya, untuk kategori I sebanyak enam TPS akan dijaga tiga polisi dan 12 petugas linmas. Sedangkan kategori II, lanjut dia, setiap lima TPS akan dijaga tiga polisi dibantu 10 petugas linmas. “Adapun kategori III, sebanyak empat TPS akan dijaga dua polisi dibantu delapan petugas linmas,” kata Yusri.

Yusri mengimbau agar masyarakat terlibat akitf mengamankan jalannya pelaksanaan pilkada. “Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi aktif mengamankan jalannya pilkada,” tandasnya. (rmo)

loading...

Feeds